sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
Senin, 27 Apr 2020 11:00 WIB

Protokol WiFi 7 sedang dalam pengembangan

Dikabarkan, kecepatan transfer data WiFi 7 akan mencapai 30 Gbps atau 10 kali lebih cepat dari WiFi 6.

Protokol WiFi 7 sedang dalam pengembangan
WiFi 7

Saat ini, WiFi 6 masih dalam tahap awal menunggu untuk menjadi standar baru untuk jaringan generasi selanjutnya. Hingga saat ini, hanya ada beberapa produk baru yang menggunakan protokol tersebut untuk dijual.

Namun, teknologi terus berkembang setiap detik. Baru-baru ini, para pengembang teknologi sudah mulai mengembangkan protokol baru yakni WiFi 7. Dan tampaknya, protokol ini akan rampung dalam waktu yang cukup dekat ini, paling cepat 5 tahun mendatang.

Gizchina (27/4/2020) melaporkan, kecepatan transmisi data dari WiFi 7 akan lebih dari tiga kali lebih cepat dari WiFi 6. Mereka mengklaim, kecepatan WiFi 7 akan mencapai 30Gbps, sedangkan WiFi 6 hanya 9,6Gbps.

Seperti diketahui, WiFi 6 memiliki kecepatan 40 persen lebih tinggi dari WiFi 5. Selain itu, penggunaan daya dari protokol WiFi 6 juga disebut jauh lebih efisiens dari pendahulunya tersebut.

Router yang menggunakan protokol WiFi 6 dapat mendukung lebih banyak perangkat untuk terhubung secara bersamaan. Selain itu, pengguna juga akan mendapat dukungan protokol keamanan WP3 terbaru. Dikarenakan protokol baru, akan sulit bagi peretas untuk membobol keamanan tersebut.

Namun, masih ada beberapa kekurangan dari WiFi 6 untuk WiFi 7 perbaiki. Saat ini, standar 802.11 sedang dalam pengembangan. Kita tahu bahwa teknologi MU-MIMO yang diperkenalkan oleh WiFi 6 mendukung hingga 8 aliran data untuk bekerja secara bersamaan.

Dalam hal ini, WiFi 7 akan memperkenalkan teknologi CMU-MIMO. Teknologi ini mendukung hingga 16 aliran data sekaligus. Selain akan mendukung pita 2,4GHz dan 5GHz tradisional, WiFi 7 juga akan mendukung pita frekuensi 6GHz. Ketiga pita frekuensi dapat bekerja secara bersamaan.

Selain itu, WiFi 6 (802.11 ax) saat ini menggunakan metode modulasi sinyal 1024-QAM. Sedangkan di WiFi 7 akan menggunakan standar 802.11 yang ditingkatkan dan akan menggunakan sinyal 4096-QAM. 

Tag
Share
back to top