Protokol USB 4 mencuat, transfer data hingga 40Gbps

Diperkirakan, dengan kehadiran USB 4 ini akan membuka standar baru bagi perangkat IoT di masa depan.

Protokol USB 4 mencuat, transfer data hingga 40Gbps Ilustrasi USB Type-C (Wccftech)

Saat ini kehadiran protokol transfer data USB 3, USB 3.1 dan USB 3.2 mulai banyak terlihat di berbagai perangkat. Mulai dari komputer, laptop, hingga smartphone sudah mulai menggunakan protokol ini sebagai standar mereka.

Seperti diketahui, kecepatan transfer yang dapat diakomodir USB 3 adalah 5Gbps. Sedangkan USB 3.1 dan USB 3.2 masing-masing dapat mentransfer data di kecepatan 10Gbps dan 20Gbps. Tentu saja, kecepatan ini tidak bisa dibilang rendah.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple berikan investasi baru untuk Corning

Asus, ada ratusan gim mobile dengan refresh rate di 120 fps

Razer buat casing untuk gamer pengguna iPhone 11 dan iPhone 11 Pro


Namun, baru-baru ini protokol USB terbaru, yakni USB 4 mulai mencuat. Dikabarkan, protokol ini dapat melakukan transfer hingga kecepatan 40Gbps, empat kali lipat dibandingkan dengan USB 3.1. Wccftech (4/9/2019) melaporkan, untuk dapat menghasilkan kecepatan tersebut, protokol baru ini membutuhkan daya yang lebih besar ketika berkomunikasi satu sama lain. 

Yang paling penting adalah protokol ini akan membuat antara satu periferal dengan yang lain dapat berbagi bandwidth yang lebih besar. Artinya, USB 4 sepertinya dipersiapkan untuk mendukung kehadiran IoT.

USB 4 memungkinkan agregasi protokol yang berbeda untuk berbagi bandwidth di antara dua perangkat. Caranya adalah dengan menggunakan metode yang disebut sebagai tunneling protokol ke bus USB. 

Teknologi Ini memungkinkan tunneling Display Port (DP) dan memuat / menyimpan data berdasarkan PCI Express. USB 4 mendukung tunnel Display Port dengan bertindak sebagai "pass through" dan dengan memasukkan adaptor DP OUT yang menerima lalu lintas tunneled dan mengirimkannya ke wastafel DisplayPort

Standar baru ini juga akan mempertahankan kompatibilitas dengan teknologi Thunderbolt dan USB yang ada saat ini. USB 4 juga dirancang untuk mendukung laju pensinyalan throughput tinggi. 

Soal besaran daya yang dapat dilalui oleh protokol ini, diperkirakan USB 4 akan dapat mengalirkan daya hingga 100 Watt. Pengguna juga akan dapat menayangkan tampilan hingga 60Hz di resolusi 4K di dua layar sekaligus.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: