sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
Rabu, 09 Jun 2021 10:50 WIB

Prosesor TV Sony Bravia XR diklaim tiru cara manusia menonton

Cognitive Processor XR juga mampu menganalisis posisi suara dalam sinyal dan output untuk mencapai kecocokan yang tepat dengan aksi pada layar.

Prosesor TV Sony Bravia XR diklaim tiru cara manusia menonton

Sony mengumumkan smart TV Bravia XR terbaru ke Indonesia dilengkapi Cognitive Processor XR. Prosesor ini diklaim mampu melampaui kecerdasan buatan (AI) konvensional karena dirancang untuk meniru cara manusia melihat dan mendengar.

Saat kita melihat objek, secara tidak sadar akan berfokus pada titik-titik tertentu. Cognitive Processor XR, didukung oleh kecerdasan mutakhir mengetahui di mana titik fokus tersebut dengan membagi layar menjadi beberapa zona dan mendeteksi di mana letak “titik fokus” di dalam gambar.

Sementara AI konvensional hanya dapat mendeteksi dan menganalisis elemen gambar seperti warna, kontras dan detail secara individual, prosesor TV Sony digadang-gadang mampu menganalisis berbagai elemen sekaligus, seperti yang dilakukan pada otak manusia. Dengan demikian, setiap elemen akan mendapat hasil akhir terbaiknya serta tersinkronisasi satu sama lain hingga tampak jauh lebih alami.

Selain gambar, Cognitive Processor XR juga mampu menganalisis posisi suara dalam sinyal dan output untuk mencapai kecocokan yang tepat dengan aksi pada layar. Selain itu, prosesor ini mengubah suara apapun menjadi surround 3D.

“Tujuan utama Sony adalah menawarkan pengalaman menonton terbaik dan paling nyata di kelasnya dengan teknologi yang berkembang, serta layar besar premium yang dapat menyampaikan maksud sebenarnya dari para kreator dengan sempurna. TV Bravia XR terbaru ini dapat menghadirkan pengalaman layar lebar yang nyata ke tingkat selanjutnya dengan memperkenalkan prosesor kognitif pertama di dunia”, kata President Director PT Sony Indonesia, Kazuteru Makiyama.

Sebagai smart TV, Sony Bravia XR hadir dengan platform Google TV yang menjanjikan kemudahan bagi pengguna untuk menonton berkat rekomendasi terkustomisasi. Ada pula kompatibilitas HDMI 2.1 dan e-ARC, termasuk 4K 120 fps, Variable Refresh Rate (VRR), Auto Low Latenncy Mode (ALLM), serta dukungan untuk gaming.

Salah satu seri Sony Bravia XR adalah X95J yang merupakan TV berbasis LED. Agar mampu meminimalisir gangguan blur akibat adegan cepat, TV ini hadir dengan teknologi XR Motion Clarity. Tidak ketinggalan pula Dukungan Dolby Vision dan Dolby Atmos agar kualitas gambar dan suara lebih baik lagi. Sayangnya Sony belum mengumumkan harga TV dengan Cognitive Processor XR ini.

Share
×
tekid
back to top