sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 17 Jun 2024 11:36 WIB

Prosesor Snapdragon 8 Gen 4 akan lebih mahal

Qualcomm baru-baru ini mengonfirmasi bahwa Snapdragon Summit akan berlangsung pada 24-26 Oktober. .

Prosesor Snapdragon 8 Gen 4 akan lebih mahal

Qualcomm baru-baru ini mengonfirmasi bahwa Snapdragon Summit akan berlangsung pada 24-26 Oktober. Acara ini akan menampilkan peluncuran chipset Snapdragon 8 Gen 4, yang ditetapkan untuk memberi daya pada smartphone flagship tahun 2025.

Dilansir dari Gizmochina (17/6), prosesor tersebut telah menjadi berita utama selama berbulan-bulan, dengan rumor yang menyebutkan bahwa Snapdragon 8 Gen 4 akan lebih mahal, sehingga menyebabkan harga yang lebih tinggi untuk ponsel flagship mendatang.

Analis industri Ming-Chi Kuo kini menjelaskan kemungkinan alasan di balik perkiraan kenaikan harga untuk prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 yang akan datang (dengan nama kode SM8750).

Menurut Kuo, chip tersebut, yang diperkirakan akan memasuki produksi massal pada paruh kedua tahun 2024, mungkin mengalami kenaikan harga sebesar 25-30% dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 3 (SM8650) saat ini, yang berharga sekitar $190-$200 per unit. Ini berarti Snapdragon 8 Gen 4 dapat berharga antara $237,50 dan $260.

Alasan utama kenaikan harga ini adalah penggunaan node produksi N3E terbaru dan lebih canggih dari TSMC untuk Snapdragon 8 Gen 4, kata Kuo. Meskipun node baru ini akan memberikan peningkatan kinerja, node ini juga memerlukan biaya produksi yang lebih tinggi.

Meskipun harganya lebih tinggi, Kuo memperkirakan permintaan yang kuat untuk Snapdragon 8 Gen 4 karena meningkatnya pasar ponsel pintar kelas atas, terutama yang memiliki fitur AI. Pengiriman chip baru ini diperkirakan akan mengalami peningkatan “tingkat satu digit yang tinggi” dibandingkan pendahulunya.

Di sisi lain, Kuo juga mengomentari masa depan prosesor Windows on ARM (WOA). Dia memperkirakan pengiriman chip Qualcomm X Elite dan X Plus yang digunakan pada perangkat WOA saat ini akan mencapai sekitar 2 juta unit pada tahun 2024. Kuo mengatakan segmen ini akan mengalami pertumbuhan tahun-ke-tahun setidaknya 100-200% pada tahun 2025.

Analis tersebut juga menyarankan bahwa versi modifikasi dari chip X Elite dan X Plus akan diluncurkan pada tahun 2025 yang akan menurunkan biaya perangkat WOA.

Kabarnya, Qualcomm juga merencanakan prosesor WOA berbiaya rendah dengan nama kode Canim untuk perangkat mainstream dengan harga antara $599 dan $799. Chip terjangkau ini, diproduksi pada node N4 TSMC, akan mempertahankan kekuatan pemrosesan AI yang sama (40 TOPS) seperti chip yang lebih mahal.

Share
×
tekid
back to top