sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Selasa, 20 Feb 2024 14:16 WIB

Prosesor berbasis AMD Zen 5 akan gunakan teknologi fabrikasi 3nm

Dalam sebuah kabar terbaru disebutkan bahwa AMD akan menggunakan teknologi fabrikasi 3nm milik TSMC untuk semua prosesor yang berbasis arsitektur Zen 5.

Prosesor berbasis AMD Zen 5 akan gunakan teknologi fabrikasi 3nm

AMD tampaknya akan menggunakan teknologi fabrikasi baru untuk jajaran CPU berbasis Zen 5. Mereka tampaknya akan menggunakan teknologi fabrikasi 3nm yang akan dibuat oleh salah satu perusahaan fabrikasi chipset terbesar, yakni TSMC.

Menariknya, Wccftech (20/2) melaporkan bahwa sebuah bocoran dari situs bernama UDN mengatakan bahwa chipset ini akan siap produksi dalam waktu dekat ini. Chipset tersebut akan masuk ke tahap awal pembuatan pada Q2 2024 dan akan diproduksi masal mulai Q3 2024 jika tidak ada masalah.

Arsitektur CPU Zen 5 akan menjadi arsitektur utama mereka untuk hampir semua chipset yang akan diproduksi AMD pada 2024 ini. Beberapa keluarga CPU, termasuk Granite Ridge “Ryzen Desktop”, Strix Point “Ryzen Mobile”, dan Turin “EPYC Server” disebut akan didasarkan arsitektur tersebut.

Tak ketinggalan, UDN juga menyebut AMD Zen 5 "Nirvana" akan menjadi desain arsitektur Zen 5 standar, sedangkan inti “Prometheus" Zen 5C akan menyasar segmen komputasi padat pada chip klien dan server. 

Menariknya, CCD Zen 5 "Nirvana" disebutkan akan diproduksi pada teknologi fabrikasi 3nm TSMC. Padahal, sebelumnya disebut bahwa Zen 5 standar akan menggunakan teknologi fabrikasi 4nm sedangkan Zen 5C akan dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 3nm.

Di sisi lain, AMD juga sudah memberikan sedikit bocoran mengenai apa yang dapat diharapkan dari arsitektur generasi terbaru mereka tersebut. Berikut penawaran yang disebut AMD :

  • Peningkatan kinerja dan efisiensi
  • Masalah front-end dan luas yang disalurkan ulang
  • Pengoptimalan AI dan Pembelajaran Mesin yang terintegrasi
Share
×
tekid
back to top