sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Rabu, 12 Jun 2024 17:06 WIB

3 poin utama dari produsen komputer Raspberry Pi meluncurkan IPO di London

Harga saham Raspberry Pi melesat sebesar 32% setelah penawaran saham perdana (IPO), mencapai £3.70 per saham.

3 poin utama dari produsen komputer Raspberry Pi meluncurkan IPO di London

Raspberry Pi, produsen komputer papan tunggal terkemuka, telah resmi meluncurkan penawaran saham perdana (IPO) di Bursa Efek London. Dalam sebuah langkah yang mengejutkan banyak pihak, harga IPO ditetapkan sebesar £2.80 per saham, menilai perusahaan ini sebesar £542 juta atau setara dengan $690 juta dengan kurs pertukaran saat ini.

Berikut 3 rangkuman Raspberry Pi meluncurkan IPO di Bursa Efek London, seperti dikutip TechCrunch (12/6):

1. Lonjakan harga saham 32% pasca-IPO

Harga saham Raspberry Pi melesat sebesar 32% setelah penawaran saham perdana (IPO), mencapai £3.70 per saham. Lonjakan ini mencerminkan antusiasme investor terhadap potensi pertumbuhan perusahaan.

Meskipun demikian, saat ini hanya pemegang saham institusional yang dapat melakukan perdagangan saham Raspberry Pi. Investor ritel diharapkan dapat membeli dan menjual saham mulai hari Jumat.

2. Keputusan Strategis IPO di London

Keputusan Raspberry Pi untuk meluncurkan IPO di London merupakan bukti signifikan bagi pasar saham Inggris. Sementara perusahaan-perusahaan teknologi lainnya seringkali memilih untuk go public di pasar saham Amerika Serikat, keputusan Raspberry Pi untuk tetap di London menandakan kepercayaan pada likuiditas pasar saham Inggris.

Raspberry Pi dikenal karena produknya yang revolusioner, yaitu komputer-komputer kecil yang dapat diprogram untuk berbagai keperluan. Produk-produk ini telah memukau komunitas teknologi dan industri dengan kemampuan mereka dalam menggerakkan proyek-proyek kreatif, mulai dari server media hingga proyek robotika.

3. Partisipasi terbatas untuk investor ritel

Saat ini, Raspberry Pi telah menjual lebih dari 60 juta unit, dengan segmen industri dan embedded menyumbang sebagian besar dari penjualannya. Pencatatan sebagai perusahaan publik menandai langkah besar bagi Raspberry Pi Ltd, anak perusahaan komersial dari Raspberry Pi Foundation.

Para pemegang saham strategis, termasuk ARM dan Sony Semiconductor Solutions Corporation, turut menyokong kesuksesan Raspberry Pi. ARM bahkan menyatakan niatnya untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di perusahaan ini melalui IPO ini.

Raspberry Pi Ltd tetap memegang komitmen untuk mendukung misi Yayasan Raspberry Pi, yaitu memfasilitasi pembelajaran pemrograman melalui komputer yang murah dan dapat diprogram. Sebagai pemegang saham utama, Yayasan Raspberry Pi memainkan peran kunci dalam arah strategis dan pengembangan perusahaan ke depan.

Share
×
tekid
back to top