sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Sabtu, 28 Jan 2023 15:18 WIB

Produsen chip Jepang Rapidus ingin saingi TSMC dengan proses 2nm

Rapidus juga akan secara resmi menyelesaikan rencananya mengenai lokasi situs untuk fasilitas purwarupa pada bulan Maret.

Produsen chip Jepang Rapidus ingin saingi TSMC dengan proses 2nm

Rapidus, pabrikan chip yang didukung oleh pemerintah Jepang, telah mengumumkan rencana barunya untuk teknologi semikonduktor canggih. Perusahaan ini sedang berusaha untuk membangun jalur proses purwarupa 2nm pada 2025.

Dengan kata lain, usaha chip Jepang tersebut mungkin berusaha mengejar produsen chip kontrak terbesar di dunia, TSMC. Sebagai informasi, TSMC akan memulai produksi dari proses generasi 2nm berikutnya pada tahun 2024. Selain itu, produksi massal untuk proses semikonduktor canggih ini juga akan dimulai sekitar tahun 2025. Demikian pula, bahkan Samsung sedang terburu-buru untuk memulai produksi lini proses 2nm pada tahun yang sama.

Dilansir dari Gizmochina (28/1), sayangnya perusahaan itu hanya mengumumkan timeline lini purwarupanya. Produksi massal dari proses mutakhir ini akan dimulai sekitar akhir tahun 2025. Meski dengan jadwal tersebut, perusahaan yang disokong pemerintah Jepang itu masih tidak terlalu jauh tertinggal dari raksasa industri, TSMC.

Rapidus juga akan secara resmi menyelesaikan rencananya mengenai lokasi situs untuk fasilitas purwarupa pada bulan Maret. Khususnya, situs ini juga akan bertanggung jawab atas produksi massal mendatang.

Beberapa faktor utama yang akan mempengaruhi keputusan ini adalah ketersediaan air yang stabil infrastruktur listrik yang kuat. Lokasi ini juga harus dapat “menarik talenta dalam dan luar negeri dengan mudah,” menurut Presiden Rapidus Atsuyoshi Koike.

Dia menyatakan bahwa “kami hanya bertujuan untuk memproduksi chip canggih, membangun model bisnis dengan margin tinggi,” menambahkan lebih lanjut bahwa “kami ingin membawa insinyur dari bidang yang menjadi spesialisasi perusahaan berbeda, untuk menciptakan nilai baru”.

Share
×
tekid
back to top