sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 20 Jan 2022 09:15 WIB

Prediksi 4 fitur yang akan hadir di iOS 16

TechRadar mengumpulkan daftar fitur dan hal yang diharapkan hadir pada pembaruan iOS selanjutnya pada iPhone.

Prediksi 4 fitur yang akan hadir di iOS 16
Source: Apple

Setelah merilis iOS 15, Apple kemungkinan sedang bersiap menghadirkan pembaruan besar untuk versi perangkat lunak berikutnya yang seharusnya akan disebut sebagai iOS 16. Meskipun perusahaan masih menyempurnakan iOS 15 melalui 15.2 dan 15.3, tapi fitur dan pembaruan pada iOS 16 adalah yang paling dinanti.

Belum banyak informasi terkait iOS 16 secara resmi, namun Techradar (20/1) membuat daftar fitur apa saja yang mungkin akan dihadirkan pada perangkat lunak tersebut. Dari kamera hingga aplikasi wearable, berikut 4 hal yang diharapkan dari iOS 16.

  • Kamera yang didesain ulang

Kamera iPhone mengalami peningkatan besar dalam beberapa tahun terakhir, dengan lebih banyak lensa yang ditambahkan dan fitur seperti Night Mode dan Cinematic Mode diperkenalkan. Namun, hal ini membuat aksesibilitas terhadap fitur memerlukan banyak langkah.

Untuk itu, Apple perlu mendesain ulang aplikasi kamera pada iPhone untuk iOS selanjutnya agar penggunaan lebih seemless dan memberikan cara baru mengambil foto dan video. Desain ulang ini juga diharapkan hadir dengan fitur yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan pengguna.

  • Fitur QuickNote

Ini adalah fitur yang ada di iPadOS 15 dan macOS 12 Monterey, dimana pengguna dapat membuka dan mengetik catatan hanya dengan menggeser ke atas dari sudut kanan bawah layar. Ada banyak gestur yang bisa dilakukan di iPhone, jadi tidak ada salahnya menambahkan satu gestur yang dapat dengan cepat membuka catatan. 

Dengan satu ibu jari, ini akan membantu pengguna yang tiba-tiba membutuhkan catatan dengan cepat, sekaligus menghemat langkah alih-alih harus membuka Control Center di kanan atas dan memilih ikon Notes.

  • Home Automation Widgets

Meskipun widget sudah dihadirkan dalam pembaruan iOS 14, namun tidak semua aplikasi dapat memiliki widget-nya sendiri, salah satunya aplikasi Home Automation. Padahal, aplikasi ini cukup penting untuk menyalakan lampu pintar atau produk smart home lainnya di rumah. 

Membuka aplikasi atau meminta Siri akan membuang lebih banyak waktu dibanding menekan satu tombol yang ada di widget. Tidak hanya di iOS 16, widget Home juga diharapkan hadir untuk versi macOS dan iPadOS yang akan datang.

  • Aplikasi wearable

Tidak seperti Android yang sudah memiliki satu aplikasi sebagai pusat kontrol produk wearable-nya, Apple cukup tertinggal. Untuk mengatur AirPods hanya dapat diakses melalui Bluetooth di Pengaturan, sedangkan melihat AirTags hanya dapat diakses melalui aplikasi Find My. 

Namun dengan adanya aplikasi terpusat, dapat menghadirkan pengalaman menggunakan wearable Apple dengan lebih terkontrol dan teratur, juga tidak membuat pengguna kebingungan harus membuka banyak aplikasi atau halaman  ketika menggunakan banyak perangkat periferal.

Share
×
tekid
back to top