sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 10 Mei 2024 14:32 WIB

Portal: Jembatan virtual yang menghubungkan New York City dan Dublin melalui seni & teknologi

Portal memungkinkan interaksi real-time antara penduduk New York City dan Dublin, menandai kemajuan baru dalam integrasi teknologi, sosiologi, antropologi, dan seni.

Portal: Jembatan virtual yang menghubungkan New York City dan Dublin melalui seni & teknologi

Sebuah karya seni interaktif bernama "Portal" telah diresmikan pada hari Rabu di Flatiron South Public Plaza, New York. Karya ini memungkinkan interaksi real-time antara penduduk New York City dan Dublin, menandai kemajuan baru dalam integrasi teknologi, sosiologi, antropologi, dan seni.

"Portal", yang beratnya mencapai 3,5 ton dengan dimensi sekitar 11,5 x 11,5 kaki, dilengkapi layar video besar sekitar 8 x 8 kaki. Meskipun spesifikasi teknis detail tidak diungkapkan, Portal A, organisasi yang memimpin proyek ini, bertujuan untuk menawarkan lebih dari sekadar layar video, mereka ingin menciptakan pengalaman yang menyatukan.

Dilansir dari TechCrunch (10/5), proyek ini berasal dari ide Benediktas Gylys, seorang pengusaha Lithuania, yang bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan antar manusia yang melampaui batasan geografis dan budaya.

Teknologi yang mendukung "Portal" dikembangkan oleh Video Window, perusahaan teknologi Inggris yang awalnya fokus pada penciptaan perangkat lunak dan perangkat keras untuk menghubungkan karyawan yang bekerja dari lokasi yang berjauhan. Menurut Daryl Hutchings, CEO Video Window, teknologi mereka disesuaikan untuk mendukung kebutuhan unik dari Portal.

"Perbedaan utama kami dengan perangkat lunak konferensi video biasa adalah kami dirancang untuk pertemuan yang tidak dijadwalkan dan selalu aktif," jelas Hutchings. "Ini menghadirkan tantangan teknis khusus dalam menjaga koneksi yang stabil."

Keamanan merupakan prioritas dalam pengembangan Portal, terutama mengingat risiko penyusupan digital seperti insiden "Zoom bombing" yang populer selama pandemi. Nicolas Klaus, kepala mitra di portals.org, mengatakan bahwa keamanan data adalah pertimbangan kritis sebelum kota-kota seperti New York setuju untuk memasang karya ini.

Portal di Flatiron South Public Plaza bukan hanya sebuah titik atraksi baru, tetapi juga simbol kemajuan teknologi yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu untuk menciptakan pengalaman bersama yang kaya dan berarti di tengah kota yang sibuk.

Share
×
tekid
back to top