Ponsel dengan kamera 100 MP bakal hadir tahun ini

Kabar ini datang setelah didapati bahwa beberapa chipset besutan Qualcomm ternyata mendukung penggunaan kamera dengan resolusi tinggi.

Ponsel dengan kamera 100 MP bakal hadir tahun ini

Qualcomm menyatakan bahwa ponsel beresolusi kamera tinggi, 64 MP-100 MP bakal tersedia di 2019 ini. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Senior Produk Qualcomm, Judd Heape. Kendati begitu, Qualcomm menyatakan bahwa resolusi tinggi bukanlah tujuan yang ingin diraih perusahaan tersebut.

Kabar ini datang setelah didapati bahwa beberapa chipset besutan Qualcomm ternyata mendukung penggunaan kamera beresolusi tinggi. Resolusi paling tinggi yang dapat dicapai adalah 192 MP. Namun hal tersebut membutuhkan parameter khusus agar dapat terpenuhi.


BACA JUGA

Kamera Honor 20 Pro toreh nilai 111 poin dari DxOMark

Smartphone entry-level serba bisa itu benaran ada

Rumor: Pixel 4 tidak akan punya tombol fisik dan notch


Setidaknya, fitur multi-frame noise reduction dan zero shutter harus dinonaktifkan. Hal ini berarti, kamera tersebut tidak akan bisa memotret beberapa gambar untuk digabungkan menjadi satu. Cara kerjanya justru terbalik. Kamera 192 MP bakal memotret satu gambar dengan resolusi tinggi, kemudian menggunakan teknik pixel binning untuk menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih rendah.

Untuk diketahui, pixel binning akan menyatukan satu blok piksel menjadi sebuah super piksel. Cara ini dinilai efektif untuk mengatasi masalah keterbatasan sensor pada sebuah smartphone. Metode ini paling terasa ketika pemotretan low-light menggunakan kamera ponsel. Hasil foto ketika menggunakan pixel binning bakal terlihat lebih terang.

Nah kamera ponsel yang ada saat ini, 48 MP misalnya, menggabungkan 4 piksel menjadi satu untuk mendapatkan hasil potret 12 MP. Kemungkinan, hasil kamera 64 GB akan digabung untuk mendapatkan gambar 16 MP.

Di samping itu, Qualcomm juga menyatakan bahwa chipset terbaru besutannya akan bernama Snapdragon 865. Sejumlah fitur baru disiapkan, salah satunya dukungan merekam video HDR10. Sampai saat ini, Qualcomm belum memberitahu kapan akan memperkenalkan Snapdragon 865 secara resmi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: