sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 06 Jan 2023 10:37 WIB

Ponsel Android bakal dibekali konektivitas satelit, berkat kemitraan baru Qualcomm

Kemitraan baru Qualcomm-Iridium akan hadirkan lebih banyak smartphone Android dengan dukungan konektivitas satelit.

Ponsel Android bakal dibekali konektivitas satelit, berkat kemitraan baru Qualcomm
Source: Unsplash

Kemitraan baru antara Qualcomm dengan perusahaan telepon satelit, Iridium, akan menghadirkan konektivitas satelit ke lebih banyak smartphone Android. Konektivitas ini memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan melalui satelit di tempat yang tidak terjangkau jangkauan seluler. 

Konektivitas satelit pada September 2022 lalu disematkan dalam seri terbaru Apple, iPhone 14. Layanan ini dimanfaatkan untuk mengirim dan menerima pesan teks dalam keadaan darurat. 

Seperti diketahui, banyak smartphone Android dibekali oleh chipset dari Qualcomm. Dengan adanya kemitraan Qualcomm-Iridium, akan memungkinkan layanan yang sama di iPhone 14 dapat diakses oleh jutaan lebih pengguna ponsel cerdas tanpa mengikat merek tertentu. 

Qualcomm mengatakan pada awalnya fitur baru, yang disebut Satelit Snapdragon, hanya akan dimasukkan ke dalam chip premiumnya sehingga tidak mungkin muncul di perangkat menengah ke bawah. Sebab, broadband satelit yang cepat, lebih mahal daripada koneksi kabel atau serat.

Dilansir BBC (6/1), pada akhirnya Satelit Snapdragon akan diluncurkan ke tablet, laptop, dan bahkan kendaraan, dan juga menjadi layanan yang tidak terbatas pada komunikasi darurat - meskipun kemungkinan akan dikenakan biaya untuk hal ini.

Penggunaan fitur tersebut juga akan tunduk pada peraturan pemerintah setempat, karena negara-negara termasuk India dan Tiongkok melarang penggunaan telepon satelit. Iridium sendiri adalah sistem telepon satelit asli, mengirimkan satelit pertamanya ke orbit pada tahun 1997, di mana mereka melakukan perawatan jaringan 75 pesawat ruang angkasa pada tahun 2019.

Share
×
tekid
back to top