sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
Kamis, 17 Sep 2020 08:59 WIB

Poco X3 dengan Snapdragon 732G akan hadir di Indonesia

Xiaomi agaknya akan memboyong Poco X3 dalam waktu dekat. Ini merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan chipset Snapdragon 732G.

Poco X3 dengan Snapdragon 732G akan hadir di Indonesia

Qualcomm belum lama ini memperkenalkan chipset terbaru di seri 7xx, yakni Snapdragon 732G. Dari serinya saja, sudah terlihat kalau ini merupakan generasi penerus dari Snapdragon 730G yang sudah marak digunakan di perangkat mobile selama beberapa waktu belakangan ini. Dalam sebuah acara bersama dengan Xiaomi, Dominikus Susanto, Senior Business Manager Qualcomm Indonesia menjelaskan dengan lebih rinci sejumlah keunggulan yang ditawarkan chipset terbaru ini. 

“Snapdragon 732G itu ada sebagai upgrade level dari 730G. Kalau secara strukturnya mirip dengan 730G, tetapi ditambahkan kemampuan dari sisi grafis dan CPU-nya. Sementara kamera, konektivitas itu masih sama. Tapi kemampuannya lebih tinggi di 732G.” kata Dominikus. 

Jika dibandingkan dengan Snapdragon 730G, seri baru ini memiliki kecepatan clock yang sedikit lebih tinggi pada chip besarnya, yakni 2,3GHz. Sementara, dari sisi GPU, seri ini sudah menawarkan peningkatan performa dengan Adreno 618. 

Salah satu keunggulan lain yang menjadi peningkatan yang ditawarkan di Snapdragon 732G adalah hadirnya beberapa fitur Snapdragon Elite Gaming. Dominikus memang menyebut kalau tidak semua fitur Snapdragon Elite Gaming akan didukung Snapdragon 732G. Namun, beberapa fitur seperti Game Jank Reducer, Vulkan 1.1, True HDR dan dukungan fitur anti-cheat.

Untuk urusan artificial intelligence, Dominikus menyatakan kalau tugas ini tidak hanya diserahkan pada satu blok saja. Dalam praktiknya, blok Hexagon 688 akan mendapatkan dukungan dari CPU dan GPU. Hal ini membuat tidak semua AI aplikasi berjalan dalam satu blok, melainkan dibagi berdasarkan blok agar hasilnya lebih optimal. 

Sampai saat ini, baru ada satu smartphone yang menggunakan chipset ini, yakni Poco X3. Sayangnya perangkat ini belum rilis di Indonesia. Mengenai hal itu, Xiaomi Indonesia tidak memberikan banyak komentar. Stephanie Sicilia, Head of PR Xiaomi Indonesia menyatakan tidak menyebut secara langsung perangkat ini akan hadir di tanah air. 

“Sebentar lagi kok, tunggu aja tanggal mainnya. Hilalnya sih sudah kelihatan.” kata Stephanie. 

Pernyataan ini bisa jadi merupakan pertanda hadirnya Poco X3 di Indonesia. Tidak heran, karena beberapa waktu lalu, Xiaomi akhirnya juga memboyong produk flagship mereka ke tanah air, hal yang sebelumnya tidak pernah dilakukan oleh Xiaomi Indonesia. 
 

Share
×
tekid
back to top