PM Inggris ketahuan selfie pakai Huawei P20

Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris menjadi perhatian setelah dirinya terlihat menggunakan smartphone Huawei untuk ber-selfie.

PM Inggris ketahuan selfie pakai Huawei P20 (Foto: Gizmochina)

Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris menjadi perhatian setelah dirinya terlihat menggunakan smartphone Huawei untuk ber-selfie. Hal ini bahkan terjadi ketika Huawei menjadi pusat perhatian karena masih dikhawatirkan tarkait keamanan peralatannya. 

Peristiwa itu juga menimbulkan pertanyaan tentang apakah Inggris memungkinkan Huawei untuk membangun infrastruktur internet di negaranya. Bahkan kini orang yang sepakat dengan Amerika Serikat (AS) pun terlihat menggunakan smartphone dari Huawei.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Huawei P40 dijual lebih murah dari pendahulunya

Tidak bisa pakai Google Maps, ini solusi Huawei

Ini spesifikasi kamera Huawei P40 dan P40 Pro


Laporan mengatakan Boris Johnson menggunakan smartphone Huawei P20 untuk ber-selfie bersama presenter ITV This Morning, Phillip Schofield dan Holly Willoughby. Namun juru bicaranya membantah ponsel itu milik Perdana Menteri.

Penggunaan smartphone Huawei oleh sosok yang terbilang penting itu memang wajar menarik perhatian. Pasalnya Huawei kini masih dalam sorotan AS, dan AS pun mengajak negara lain untuk mengikuti jejaknya yakni tak menggunakan peralatan telekomunikasi Huawei. 

Dilansir dari Gizmochina (6/12), para ktitikus berpendapat bahwa peralatan telekomunikasi Huawei bisa digunakan untuk memata-matai orang-orang di Barat. Namun klaim ini selalu dibantah oleh Huawei. 

AS sebelumnya menyebutkan kemitraan dengan Five Eyes yang mencakup negara Inggris, Kanada, Australia dan Selandia Baru bisa terancam jika perusahaan Tiongkok diberi peran dalam infrastruktur 5G di Inggris. 

Boris Johnson sebelumnya juga mengatakan dirinya tidak akan berkompromi dengan keamanan nasional Inggris terkait apakah pihaknya akan memberikan perusahaan telekomunikasi Tiongkok peran untuk membangun jaringan 5G di negaranya. 

"Terkait Huawei dan 5G, saya tidak ingin negara ini berseteru untuk investasi dari luar negeri. Di sisi lain, kita tidak bisa mengurangi kepentingan vital keamanan nasional kita, juga tidak bisa mengurangi kemampuan kita untuk bekerja sama dengan mitra keamanan Five Eyes lainnya, dan itu akan menjadi kriteria utama yang menginformasikan keputusan kita tentang Huawei," kata Johnson.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: