sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Minggu, 01 Agst 2021 10:13 WIB

Akhirnya pengguna PS5 segera bisa upgrade storage

Sony baru saja menggulirkan dukungan percobaan penambahan kapasitas penyimpanan PlayStation 5 bagi para penguji beta.

Akhirnya pengguna PS5 segera bisa upgrade storage
PlayStation 5

Sony dikabarkan telah membuka akses untuk slot ekspansi M.2 di perangkat PlayStation 5 mereka kepada kalangan terbatas. Akses ini untuk sementara dibagikan untuk para penguji beta saja.

Dikutip dari laman Engadget (1/8), para penguji beta di Amerika Serikat, Kanada, dan sebagian negara di Eropa dapat mencoba untuk melakukan ekspansi menggunakan SSD M.2 di perangkat PlayStation 5 mereka.

Seperti diketahui, kecepatan SSD yang diperlukan oleh PlayStation 5 untuk berjalan dengan baik adalah 5.500MB/s atau lebih tinggi. Untuk mencapai kecepatan ini, pengguna pun harus menggunakan SSD M.2 PCIe Gen 4.

Untuk saat ini, para penguji dapat menggunakan SSD dalam kelompok yang sangat terbatas. Beberapa SSD yang sudah didukung antara lain Samsung 980 Pro, Western Digital SN850, Corsair Force MP600, Seagate Firecuda 530, Sabrent Rocket 4 Plus, dan beberapa lainnya.

Untuk membuat segalanya lebih rumit, Sony mengatakan bahwa pengguna juga harus mempertimbangkan mekanisme pendinginan PS5. Ini berarti, pengguna wajib menggunakan SSD dengan pendingin atau menambahkannya jika memang tidak diberikan oleh pabrikan.

Sedangkan untuk ukuran heatsink yang diperbolehkan adalah lebih kecil dari 110mm (L) x 25mm (W) x 11,25mm (H). Tentu saja, hal ini akan membuat banyak pengguna berhati-hati dalam memilih SSD dan heatsink-nya.

Di luar dukungan SSD M.2, perangkat lunak beta PS5 juga menyertakan perangkat lunak dan peningkatan tambahan. Beberapa diantaranya adalah dukungan audio 3D untuk speaker TV built-in yang dapat meningkatkan suara dengan mengukur akustik ruangan menggunakan kontroler DualSense.

Pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya dari menu suara di pengaturan sistem konsol. Terlebih lagi ada banyak opsi penyesuaian kontrol di Pusat Kontrol. Di sini, Basis Game juga memungkinkan pengguna mengirim pesan ke teman serta party dan melihat berapa banyak teman yang online. 

Ada juga pelabelan gim PS4 dan PS5 baru dan muncul secara terpisah di home screen dan game library. Pembaruan juga mengemas pelacak trofi untuk akses cepat hingga lima trofi per gim melalui Pusat Kontrol.

Tak ketinggalan ada juga opsi untuk memilih antara 720p dan 1080p di PlayStation Now dan kemampuan untuk mengaktifkan klip video otomatis dalam tantangan untuk skor tinggi. Pembaruan perangkat lunak juga diluncurkan di Jepang, Inggris, Jerman, dan Prancis.

Share
×
tekid
back to top