sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Rabu, 25 Jan 2023 13:11 WIB

PHK Spotify imbas dari akuisisi yang tidak berjalan harmonis

Spotify menjadi pemain terbesar dalam industri podcast hanya dengan menghabiskan lebih dari USD1 miliar untuk mengakuisisi studio, penerbit, dan teknologi periklanan.

PHK Spotify imbas dari akuisisi yang tidak berjalan harmonis
Source: Unsplash/ Szabo Viktor

Pemutusan hubungan kerja (PHK) sebesar 6% karyawan Spotify harus merelakan kepala konten dan periklanan Dawn Ostroff, sebagai salah satu yang terdampak. Kepergian Ostroff dikhawatirkan akan memengaruhi masa depan podcast di platform tersebut.

Spotify menjadi pemain terbesar dalam industri podcast hanya dengan menghabiskan lebih dari USD1 miliar untuk mengakuisisi studio, penerbit, dan teknologi periklanan. Sayangnya, banyaknya akuisisi yang dilakukan belum dapat berjalan secara harmonis.

Karyawan yang masuk ke Spotify sebagai bagian dari akuisisi Podsights dan Chartable tahun lalu, merupakan banyak dari karyawan yang terkena PHK. 

Memang, akuisisi kedua perusahaan tersebut memberi Spotify kemampuan yang lebih besar untuk mengukur kinerja acara di platform dan menempatkannya pada posisi yang lebih baik untuk menjual iklan. 

Tetapi akuisisi menambah lebih banyak karyawan dengan peran yang serupa dengan mereka yang sudah bekerja di Spotify. Oleh karena itu, ada “banyak pengulangan dalam fungsi pekerjaan” yang mungkin mendorong perusahaan untuk merampingkan karyawannya.

Spotify masih harus menemukan cara untuk membuat banyak akuisisi bisnis podcastnya — Anchor, Megaphone, Podsights, Chartable — bekerja secara harmonis. Menurut mantan karyawan yang tidak disebutkan namanya, hal itu belum terjadi: “Mereka belum memiliki strategi sebenarnya untuk podcast mereka. 

Dikutip dari The Verge (25/1), Ostroff keluar atas kemauannya sendiri. Adapun posisinya diambil alih oleh Kepala Subscription Alex Norstrom, bersama kepala sub-konten lainnya yakni Julie McNamara, Max Cutler, dan Bill Simmons.

Perusahaan mengandalkan eksekutif hiburan veteran Dawn Ostroff yang selama empat tahun terakhir mengawasi kesepakatan blockbuster yang membawa hits seperti Joe Rogan Experience, Call Her Daddy, dan Batman Unburied secara eksklusif ke platform. 

Meskipun kini Ostroff tidak lagi di posisinya, namun tidak ada acara ataupun program podcast yang dihentikan. Juru bicara Spotify Rosa Oh mengatakan, "“Kami tetap berkomitmen untuk membangun kesuksesan kami dalam podcasting, memberikan fitur inovatif untuk pembuat, dan terus berinvestasi dalam podcast O&E."

Share
×
tekid
back to top