sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
Senin, 01 Apr 2019 10:18 WIB

Petinggi Apple kembali keluar dari perusahaan tersebut

Kali ini giliran direktur senior Apple dari divisi arsitektur platform, Gerard Williams III yang meninggalkan Apple.

Petinggi Apple kembali keluar dari perusahaan tersebut
Prosesor A12X (Apple)

Apple kembali harus mengumumkan sebuah kabar yang kurang mengenakkan. Baru-baru ini mereka mengumumkan bahwa mereka harus kehilangan salah satu sosok penting di perusahaan mereka.

Kali ini giliran Direktur Senior Apple dari Divisi Arsitektur Platform, Gerard Williams III, yang meninggalkan perusahaan tersebut. Kabarnya, dia telah meninggalkan perusahan yang bermarkas di Cupertino tersebut bulan lalu.

Gerard pun tidak bisa dibilang seorang ‘anak bawang’ di Apple. Dia telah bekerja selama sembilan tahun di sana. Tentu saja, sembilan tahun bukan waktu yang bisa dibilang sebentar.

Engadget (1/4) mengatakan, mungkin tidak banyak orang yang mengenal nama Gerald. Namun, dia memegang posisi yang sangat penting bagi sebuah perusahaan yang menjadikan desain, baik desain keseluruhan dan desain komponen menjadi garda utama.

Selama menjabat, Gerard telah memimpin pengembangan semua prosesor Apple. Mulai dari prosesor A7 yang pertama kali muncul di iPhone 5S hingga ke A12X yang ada di dalam iPad Pro terbaru.

Seperti diketahui, prosesor A7 adalah prosesor 64-bit pertama untuk perangkat seluler. Debut prosesor ini dimulai pada iPhone 5S, dimana kemudian memaksa Qualcomm untuk merilis prosesor mobile 64-bit, yang kala itu masih belum optimal.

Selain memimpin proses desain prosesor, Gerard juga bertanggung jawab atas tata letak pada sistem-on-a-chip (SOC) Apple dalam beberapa tahun terakhir. Dengan kata lain, dialah yang memutuskan penempatan komponen SOC, seperti CPU, GPU, dan memori.

Sayang, hingga saat ini masih belum jelas mengapa Williams meninggalkan Apple. Dia pun masih belum memperbaharui laman LinkedIn-nya, dimana pekerjaan sebelumnya masih tercantum. 

Dia mungkin masih memiliki andil dalam pengembangan beberapa perangkat berikutnya yang akan diluncurkan Apple. Bahkan sebelum keluar, kabarnya dia masih memimpin pembuatan Mac pertama yang menggunakan prosesor buatan mereka.

Share
×
tekid
back to top