sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Jumat, 19 Feb 2021 08:50 WIB

Perseverance mendarat dengan mulus di Mars

Rover penjelahah NASA, yakni Perseverance berhasil mendarat di Mars setelah melewati proses 'seven minutes teror.'

Perseverance mendarat dengan mulus di Mars
Source: NASA

Rover Perseverance NASA akhirnya berhasil mendarat di Mars pada Kamis 18 Februari waktu setempat. Ini merupakan akhir dari perjalanan ruang angkasa penjelajah tersebut sejak diluncurkan pada Juli 2020. Perseverance mendarat di daerah kawah Jezero seperti yang diharapkan.

Dikutip dari MIT Technology (19/2), rover tersebut berhasil mendarat setelah melalui proses yang disebut ‘seven minutes teror’, yang merupakan periode antara memasuki atmosfer hingga mendarat dengan selamat. Dalam proses ini, para insinyur harus memprogram pesawat ruang angkasa agar dapat mendarat sendiri. Hal tersebut dikarenakan adanya keterlambatan komunikasi.

Pada saat pendaratan, Mars berjarak 27 juta mil dari Bumi dan menyebabkan penundaan komunikasi sekitar 11 menit. Oleh sebab itu, pesawat menggunakan sistem onboard dalam melacak permukaan untuk menghindari bahaya saat turun dan menjauhkan rover dari ancaman apa pun.

Ketika memasuki atmosfer, pesawat memperlambat kecepatan dari 12.500 mil per jam (mph), lalu mengerahkan parasut untuk memperlambatnya lebih jauh menjadi 90mph. Pesawat selamat dari suhu yang sangat panas berkat pelindung panas yang dimiliki. Parasut yang dikerahkan juga bekerja tanpa hambatan sehingga rover dapat menuju pendaratan yang aman setelah paket jet dengan delapan mesin ditembakkan dan mengarah ke bawah untuk memperlambat. Rover diturunkan menggunakan sebuah kabel.

Pendaratan tersebut dibantu oleh sistem baru yang disebut Terrain Relative Navigation, di mana kamera pesawat ruang angkasa menangkap gambar permukaan saat mendekat. Tim yang mengawasi dari basecamp NASA di California menerima gambar pertama dari kamera teknik penjelajah.

Sekarang, Perseverance sudah berada di daratan kawah Jezero. Kawah tersebut dulunya penuh dengan air dan bisa menjadi lingkungan yang ramah bagi kehidupan untuk diselidiki. Kehidupan mikroskopis mungkin saja berevolusi di sana, yang merupakan tujuan utama rover dalam misi mencari bukti kehidupan purba di Mars. Para ilmuwan meyakini, planet merah ini dulunya adalah planet hangat yang dipenuhi sungan dan danau, serta rumah bagi bahan organik yang kompleks.

Langkah selanjutnya, tim akan mulai memeriksa kesehatan Perseverance dan memastikan semua berfungsi dengan baik seperti yang diharapkan. Setelah itu, mungkin rover akan siap menjelajahi permukaan Martian.

Tag
Share
×
tekid
back to top