sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
Rabu, 03 Mar 2021 09:47 WIB

Rover Perseverance gunakan chip yang sama dengan iMac G3 1998

Rover Perseverance yang belum lama mendarat di Mars ternyata menggunakan chip atau prosesor yang sama dengan yang digunakan iMac G3 keluaran 1998.

Rover Perseverance gunakan chip yang sama dengan iMac G3 1998

Sebelum beralih ke prosesor Intel, Apple lebih dulu menggunakan serangkaian prosesor yang disebut PowerPC. Prosesor ini dikembangkan oleh Apple, Motorola, dan IBM. Adapun produk yang menggunakannya adalah iMac G3 colorful yang merupakan Mac era 90-an. Meskipun jadul, tahukah kalian kalau prosesor yang digunakan komputer ini bisa membawa sebuah kendaran ke luar Bumi?

Dilaporkan oleh New Scientist melalui 9to5Mac (3/3), rover penjelajah Perseverance yang baru-baru ini mendarat di Mars didukung oleh prosesor PowerPC 750. Yap, ini adalah prosesor yang sama seperti yang ada di dalam iMax G3 1998. Jika Anda tahu, Mac inilah yang telah menyelamatkan Apple dari kebangkrutan.

PowerPC 750 adalah prosesor yang hanya menggunakan satu inti dengan clock 233 MHz dengan 6 juta transistor, yang sekarang dianggap lambat. Tetapi, prosesor ini adalah yang pertama menggabungkan dynamic branch prediction yang kini masih digunakan kebanyakan prosesor modern. NASA juga lebih memilih menggunakan teknologi yang sudah teruji dan terbukti.

Namun perlu diketahui, terdapat perbedaan yang cukup besar antara CPU iMac G3 dengan yang ada di dalam rover. Chip PowerPC 750 ini dapat menahan 200.000 hingga 1.000.000 dan suhu di antara -55 hingga 125 derajat Celcius. Mengingat Mars memiliki jenis atmosfer yang berbeda dengan Bumi, satu kilatan sinar matahari saja dapat merusak penjelajah sebelum petualangannya dimulai.

“Sebuah partikel bermuatan yang melaju melalui galaksi dapat melewati perangkat dan menimbulkan malapetaka,” kata James LaRosa dari BAE Systems kepada NewScientist. “Ini benar-benar dapat membuat elektron lepas, itu dapat menyebabkan gangguan elektronik dan lonjakan sinyal dalam sirkuit. 

Apple menggunakan chip PowerPC di Mac hingga 2005, kemudian beralih ke Intel. Saat ini, Apple sedang melakukan transisi baru ke prosesor buatannya, yakni Silicon yang dimulai dengan M1 di MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini. 

Share
×
tekid
back to top