sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
Selasa, 15 Jun 2021 12:51 WIB

Perpindahan RAM DDR4 ke RAM DDR5 rampung pada 2024

Dengan hadirnya teknologi RAM generasi terbaru, analis memperkirakan perpindahan dari RAM DDR4 ke RAM DDR5 rampung pada 2024.

Perpindahan RAM DDR4 ke RAM DDR5 rampung pada 2024
SK Hynix

Sebentar lagi industri komputer dan laptop akan mulai bergeser menggunakan standar baru dalam penggunaan RAM. Para vendor akan mulai menggunakan DDR5, dimana menggantikan DDR4 yang saat ini banyak digunakan di berbagai perangkat.

Ternyata, dalam sebuah kabar terbaru, beberapa analis telah melakukan perkiraan seberapa cepat RAM DDR5 akan mengambil alih pasar DDR4. Para peneliti dari beancounter Yolle Developpement mengatakan pengambilalihan ini akan selesai pada 2023 mendatang.

Dalam sebuah laporan terperinci, para alanis mengatakan bahwa pasar akan mengalami peningkatan 25% dalam adopsi DDR5 pada tahun 2022. Lalu akan ada lompatan yang lebih besar lagi pada 2023 menjadi lebih dari 50% dari pangsa pasar. 

Sedangkan jika kita berbicara untuk transisi total akan terjadi di kisaran tahun 2024 hingga 2026. Jadi, pasar haurs dengan cepat mengikuti tren pergantian dari DDR4 dan DDR5 agar tetap relevan.

Wccftech (15/6) melaporkan bahwa perpindahan ke DDR5 ini harus dipercepat oleh permintaan yang luar biasa, yang telah kembali secara signifikan. Pasar pertama yang akan mempopulerkan RAM DDR5 adalah pasar server dan lainnya.

DDR5 adalah peningkatan yang signifikan dari arsitektur memori DDR4 saat ini. DDR5 akan memiliki dua kali lipat bandwidth DDR4, serta kepadatan die empat kali lipat. Itu akan memungkinkan DIMMS berkapasitas lebih tinggi secara signifikan, semuanya berjalan pada tegangan operasi yang lebih rendah. 

DDR5 juga memiliki dukungan ECC built-in untuk keandalan yang lebih baik, tetapi ada di tingkat tingkat die yang tidak sesuai dengan persyaratan untuk teknik memori ECC lengkap yang melindungi data dalam perjalanan. Dengan demikian, kita juga akan melihat varian memori DDR5 versi standar dan ECC.

Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top