Perhiasan ini bisa akali sistem pemindai wajah

Sayangnya, sang perancang perhiasan yang bernama Ewa Nowak tidak berencana membuat perhiasan ini untuk massal.

Perhiasan ini bisa akali sistem pemindai wajah Perhiasan anti pemindai wajah

Teknologi pemindai wajah saat ini sudah banyak digunakan di mana-mana. Di beberapa negara, pemerintah setempat biasanya menempatkan kamera yang dapat mengenali siapapun yang lewat di depannya.

Beberapa orang pun menyatakan bahwa mereka tidak nyaman dengan hal tersebut. Pada akhirnya. beberapa pihak pun sudah mulai mencari cara untuk mengakali pemindaian wajah. Salah satunya adalah seorang perancang perhiasan bernama Ewa Nowak. Dia berpikir dia mungkin menemukan solusi potensial untuk masalah itu yakni, menggunakan perhiasan yang dia buat.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Coca-Cola pakai layar OLED untuk botol edisi Star Wars

Coca-Cola pakai layar OLED untuk botol edisi Star Wars

Canalys: Tiongkok bakal jadi pemimpin teknologi di 2023


Nowak menciptakan perhiasan yang tampak aneh. Meski demikian, dia mengatakan perhiasan itu mampu mengalahkan sistem pengenalan wajah. Kalau Anda lihat, cara mengakali teknologi canggih tersebut dilakukan dengan beberapa bentuk dasar saja.

Ubergizmo (19/7) melaporkan, perhiasan yang dia buat terdiri dari dua lingkaran kuningan yang menutupi tulang pipi. Selain itu, ada juga sebuah kuningan panjang yang ditempatkan di atas dahi.

Namun, desain ini terlihat sangat aneh. Tentu saja, fashion ini bukan selera semua orang. Belum tentu ada orang yang nyaman untuk menggunakan perhiasan tersebut sehari-hari. Selain itu, Nowak mengatakan bahwa agar bisa efektif, perlu dicetak ke wajah pemakainya.

Sayang, Nowak saat ini belum memiliki rencana untuk memproduksinya secara massal. Perancang desain biasanya memandang karyanya lebih sebagai karya seni daripada produk yang digunakan secara massal. 

Ini bukan pertama kalinya kita melihat upaya untuk mencoba dan mengalahkan sistem pengenalan wajah. Sebelumnya, ditemukan bahwa sebuah kain berwarna-warni yang dapat dicetak dari printer apa pun juga memiliki kemampuan untuk mengalahkan sistem tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: