sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 18 Mar 2022 10:42 WIB

Performa GPU M1 Ultra kalah telak dari RTX 3090

Setelah mengklaim GPU M1 Ultra dapat bersaing dengan GPU diskrit terkencang saat ini, namun dalam benchmark terbaru terungkap fakta yang mengejutkan.

Performa GPU M1 Ultra kalah telak dari RTX 3090

Pekan lalu Apple secara resmi telah meluncurkan jajaran komputer kompak bertenaga baru mereka yang bernama Mac Studio. Perangkat ini menggunakan chipset Apple Silicon baru yang didasarkan arsitektur Apple M1.

Seperti diketahui, Mac Studio hadir dengan chipset Apple M1 Ultra yang bertenaga. Chipset ini merupakan gabungan dari dua chipset M1 Max dengan teknologi “UltraFusion”, sehingga memberikan dorongan tenaga yang sangat besar untuk pengguna.

Dalam peluncuran tersebut, disebutkan bahwa kekuatan CPU dan GPU dari M1 Ultra dapat bersaing bahkan mengalahkan CPU dan GPU flagship dari perusahaan lain. Dan salah satu yang mengejutkan adalah klaim mereka yang menyebut performa GPU M1 Ultra setara dengan GPU kelas atas yang ada di pasaran saat ini dengan daya yang jauh lebih efisien.

Jika berbicara mengenai GPU paling bertenaga yang ada di pasaran saat ini, maka kita tahu itu adalah NVIDIA RTX 3090. Tapi Ubergizmo (18/3) melaporkan, dalam beberapa pengujian yang telah dilakukan oleh beberapa pihak, klaim tersebut tidak valid.

Pada beberapa pengujian, salah satunya menggunakan Geekbench 5 Compute, RTX 3090 mendapatkan skor 215.034 poin. Sedangkan GPU M1 Ultra hanya mendapatkan skor 83.121, terlihat sekali perolehan skornya yang cukup jauh.

Sedangkan saat diuji menggunakan beberapa gim, salah satunya adalah Shadow of the Tomb Raider, RTX 3090 memiliki rata-rata fps di 142 fps pada resolusi 1080p. Sedangkan untuk M1 Ultra, hasil fps-nya ada di kisaran 108 fps saja.

Sedangkan untuk pengujian CPU, M1 Ultra memang bisa mengalahkan CPU Intel kelas atas. Di benchmark Cinebench R23 misalnya, M1 Ultra berhasil menorehkan skor 1535 poin untuk single-core dan 24 ribu poin di multi-core. Sedangkan Mac Pro yang menggunakan Intel Xeon W dengan prosesor 16 core menorehkan skor 1026 poin di single-core dan 18284 poin di multi-core.

Share
×
tekid
back to top