Peretas bisa akses komputer korban hanya dari kabel lightning

Seorang peneliti di bidang keamanan berhasil meretas komputer orang lain secara wireless hanya dengan kabel lighting yang sudah dimodifikasi.

Peretas bisa akses komputer korban hanya dari kabel lightning Source: Pexels

Sudah bukan rahasia kalau aksesoris buatan Apple dibanderol dengan harga yang tinggi. Karena itulah ada banyak pengguna yang mencari alternatif dengan memilih aksesoris pihak ketiga. Biasanya, harga yang ditawarkan lebih murah daripada aksesoris resmi dari Apple. 

Namun, memilih aksesoris yang tidak asli bisa mendatangkan risiko tersendiri. Masalah keselamatan dan kompatibilitas menjadi persoalan utama. Ternyata bukan hanya itu, masalah peretasan perangkat buatan Apple pun bisa bermula dari penggunaan aksesoris yang tidak resmi. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Waspada! Ditemukan serangan hacker baru ke kartu SIM

Mesin pemilihan Presiden AS 2020 rentan kena retas

Ini kata investor teknologi soal keamanan speaker pintar


Dalam sebuah laporan dari Motherboard (13/8), seorang peneliti keamanan berhasil mengakses komputer orang lain hanya dengan bermodalkan kabel lightning. Ironisnya, hal ini bisa dilakukan dengan kabel lightning asli yang dimodifikasi. 

“Ini tampak seperti kabel asli dan bekerja dengan layak. Bahkan kompiuter Anda tidak akan menyadarinya. Hingga saya, si penyerang, mulai mengambil alih kontrol secara nirkabel melalui kabel tersebut.” ujar peneliti keamanan yang menyebut dirinya MG. 

Kabel itu sendiri memiliki berbagai macam script dan perintah yang dapat dijalankan penyerang ke komputer korban. Melalui kabel ini pula, password yang dimasukkan korban dapat diketahui oleh penyerang. Seorang hacker bahkan bisa mematikan implant di kabel tersebut untuk menghilangkan bukti. 

MG menyatakan untuk saat ini jarak maksimal penyerang untuk bisa terhubung dengan kabel tersebut kurang lebih 90 meter. Namun MG mengingatkan bahwa jika laptop korban terhubung dengan internet, maka jaraknya menjadi tidak terbatas. 

MG tidak dengan sengaja membuat kabel ini untuk meretas komputer orang lain. Ia ingin agar kabel buatannya tersebut menjadi alat keamanan yang sah. Kabarnya perusahaan bernama Hak5 siap untuk memproduksi kabel buatan MG itu. 

Belum diketahui apakah ada cara untuk membatasi akses peretas ketika kabel mulai terpasang di komputer. Pasalnya, modifikasi ini bukan hanya dapat dilakukan pada kabel lightning saja, tetapi juga kabel-kabel lain yang bisa terhubung secara fisik ke komputer pengguna. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: