sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 29 Nov 2019 13:05 WIB

Perangi pesan spam, Google hadirkan fitur Verified Messages

Untuk membuktikan bahwa sebuah pesan datang dari nomor yang terverifikasi, Google akan memberikan ikon terverifikasi pada setiap pesan yang masuk

Perangi pesan spam, Google hadirkan fitur Verified Messages
Foto: Lely/ Tek.id

Google bakal memberikan perlindungan bagi penggunanya agar tidak menerima pesan yang tidak diinginkan atau potensi phising melalui pesan SMS. Hal itu dilakukan Google dengan memberikan fitur Verified SMS di Google Messages beta. 

Fitur ini sebenarnya sudah muncul sejak update versi 4.2 Google Messages. Namun kala itu, tidak dijelaskan dengan rinci bagaimana fitur ini akan bekerja dengan nomor telepon tertentu. Nah, di update terbaru ini, fitur tersebut sudah aktif secara default. Konon, saat ini fitur Verified SMS ini hanya akan bekerja pada pelaku bisnis yang nomornya sudah terdaftar di Google. 

Hal ini berarti bahwa pengguna hanya akan dapat melihat pesan yang dikirim dari bisnis yang terverifikasi oleh Google. Raksasa teknologi ini menggunakan verifikasi kode untuk menayring setiap SMS yang masuk. Nantinya Google akan menentukan apakah pesan tersebut berupa spam atau dari nomor telepon palsu. 

Dilansir dari 9to5google (29/11), verifikasi ini berfungsi dengan mendaftarkan nomor kode perangkat yang akan dibuat berdasarkan nomor telepon pengguna, nomor bisnis dan pesan di dalamnya. Kode ini dibuat secara lokal di perangkat pengguna dan kemudian diteruskan ke Google untuk di validasi dengan kode bisnis yang sesuai. Jika kode itu terverifikasi, maka SMS dapat dikirimkan. 

Untuk membuktikan bahwa sebuah pesan datang dari nomor yang terverifikasi, Google akan memberikan ikon terverifikasi pada setiap pesan yang masuk. Hal ini diberikan untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Pengguna sebenarnya bisa mematikan fitur ini, namun tidak dianjurkan oleh Google. 

Perlu diperhatikan bahwa Google tidak dapat melihat isi pesan yang masuk. Google hanya menggunakan nomor telepon pengguna untuk membuat kode ini. Perlu ditekankan juga bahwa fitur ini baru tersedia di kawasan AS saja, itu pun untuk aplikasi Google Messages beta v5.3.075. 

Tag
Share
×
tekid
back to top