sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 09 Agst 2022 12:05 WIB

Peran MariSilicon X pada OPPO Reno 8 Pro 5G, bisa tekan noise

MariSilicon X memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengurangi noise pada gambar melalui tiga saluran warna RGB.

Peran MariSilicon X pada OPPO Reno 8 Pro 5G, bisa tekan noise

Jenis karya fotografi yang diambil dalam kondisi minim cahaya dikenal dengan sebutan low light photography. Ada tantangan dalam menangkap low light photography yang baik, dengan menyesuaikan antara ISO, kecepatan rana, serta diafragma kamera.

Di beberapa ponsel keluaran terbaru, tiga pengaturan utama tersebut juga sudah tersedia. Namun meskipun sudah diatur sedemikian rupa, kerap kali noise tak terhindarkan dari area gelap dalam gambar. 

Dalam hal ini, OPPO menciptakan teknologi pengurang noise melalui artificial intelligence pada masing-masing saluran warna RGB secara paralel. Teknologi ini disematkan dalam Neural Processing Unit (NPU) yang disebut MariSilicon X, yang bekerja secara terpisah dari CPU maupun GPU.

MariSilicon X adalah NPU besutan OPPO yang pertama kali dihadirkan pada ponsel premiumnya. Namun kali ini, perusahaan untuk pertama kalinya membawa teknologi premium ini ke jajaran seri Reno, yaitu Reno 8 Pro 5G.

MariSilicon X berfokus pada optimalisasi manajemen dan komputasi kecerdasan buatan. NPU ini dapat memberikan kinerja yang lebih baik pada kamera, mulai dari kemampuan pencahayaannya hingga efisiensi daya.

Seperti disebutkan sebelumnya, MariSilicon X memanfaatkan kecerdasan buatan untuk mengurangi noise pada gambar. Kecerdasan buatan ini bekerja langsung pada masing-masing saluran warna RGB, sehingga memberikan warna yang lebih jernih tanpa noise pada gambar gelap.

Mari kita lihat perbedaan di bawah ini. Kedua gambar sama-sama dijepret pada kondisi minim cahaya dan menghasilkan foto layaknya diambil dengan kamera profesional. Namun jika dilihat lebih jeli, warna hitam pada area gelap di gambar kiri lebih pekat daripada gambar di kanan. 

 

Foto diambil dengan Reno 8 Pro 5G [1]Foto diambil dengan Reno 7 5G [2]

Ini karena, gambar pertama  [1] dijepret menggunakan Reno 8 Pro yang sudah didukung MariSilicon X, sedangkan gambar kedua [2] menggunakan kamera Reno 7 5G, di mana masih menggunakan NPU bawaan dari SoC.

Selain itu, chip MariSilicon X ini juga dibekali fitur RGBW Pro Mode yang sangat sensitif terhadap cahaya. Oleh sebab itu, kamera dapat menangkap cahaya dengan sangat baik di kondisi minim cahaya sekalipun. 

Gambar di bawah ini diambil di dalam ruangan yang hanya berbekal lampu bohlam kecil berwarna oranye atau yang kita kenal lampu tumblr. Tapi lewat lensa OPPO Reno 8 Pro 5G yang diproses melalui MariSilicon X, seluruh objek dalam gambar dapat menerima pencahayaan yang cukup. Percaya tidak percaya, tapi beginilah hasilnya.

Foto diambil dengan Reno 8 Pro 5G

Selain kemampuan mengurangi noise dan menangkap cahaya, MariSilicon X juga hadir dengan fitur Ultra High Dynamic Range. Dengan fitur ini, kamera dapat mengambil gambar dengan cahaya latar belakang yang kuat. Warna serta detail pada objek yang menutupi cahaya latar belakang akan terlihat jelas dan tidak akan gelap.

OPPO Reno 8 Pro 5G dengan MariSilicon X akan segera diluncurkan Agustus ini. Seri ini juga akan mencakup Reno 8 5G yang mengusung jargon The Portrait Expert. 

Editor
Share
×
tekid
back to top