sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 30 Mei 2022 14:29 WIB

Peran orang tua dan gadget untuk menjaga tumbuh kembang buah hati

Meski bisa mengandalkan fitur Kid Space, peran orang tua masih sangat penting, khususnya untuk membuat anak tetap disiplin dan mengenal waktu.

Peran orang tua dan gadget untuk menjaga tumbuh kembang buah hati

Para orang tua belakangan ini diharuskan semakin awas akan peran smartphone dalam konteks penggunaan pada anak-anak. Karena tidak bisa dimungkiri, kehadiran smartphone bisa mempengaruhi tumbuh kembang buah hati Anda.

Banyak orang tua yang mendapat manfaat dari smartphone sebagai media untuk mengembangkan sisi kreativitas anak. Namun, ada pula yang memiliki pengalaman kurang baik, seperti anak yang kecanduan pada smartphone, yang berimbas pada lambatnya proses tumbuh kembang si kecil.

Untuk itu, peran orang tua disini saat penting. Perlunya perhatian khusus bagi para orang tua yang mulai mengenalkan smartphone pada anak sejak dini. Dari sisi msartphone, orang tua bisa menggunakan fitur Kid Space yang sudah banyak ditemukan pada smartphone di pasaran.

Mengaktifkan fitur Kid Space bisa menjadi langkah pertama untuk mengarahkan dan membatasi penggunaan smartphone untuk anak. Utamanya membatasi waktu penggunaan dan aplikasi yang dapat dibuka oleh anak. Di smartphone OPPO Reno7 Series, para orang tua juga bisa menonaktifkan mobile data sehingga hanya aplikasi offline saja yang dapat dibuka.

Fitur Kid Space bisa ditemukan pada menu Setting kemudian Special features. Sebelum mengaktifkan fitur ini, orang tua harus membuat password terlebih dahulu.

Fitur Kid Space menawarkan beberapa pengaturan. Dimulai dari membatasi berapa lama anak dapat menggunakan smartphone. Kemudian aplikasi apa saja yang dapat mereka akses.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Seperti aplikasi menggambar, membaca abjad dan angka, mengenal warna, dan banyak lagi. Suguhkan mereka aplikasi yang memancing anak untuk belajar dan meningkatkan kreativitasnya, dibanding menyediakan aplikasi gim dan tontonan video saja. Utamakan aplikasi yang bisa dimainkan offline tanpa koneksi internet.

Meski sudah menyediakan fitur Kid Space, peran orang tua masih sangat penting khususnya untuk membuat anak tetap disiplin dan mengenal waktu. Sempatkan untuk mendampingi mereka saat menggunakan smartphone.

Editor
Share
×
tekid
back to top