sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
Kamis, 13 Feb 2020 17:59 WIB

Penulis lagu bakal mendapat tempat khusus di Spotify

Spotify hadirkan program Songwriter Pages. Program ini masih dalam tahap beta dan sampai saat ini masih dikembangkan oleh Spotify.

Penulis lagu bakal mendapat tempat khusus di Spotify
Source: Spotify

Spotify baru saja meluncurkan sebuah program beta bernama Songwriter Pages. Program ini akan berbentuk kredit untuk penulis lagu yang terdapat di platform tersebut. Nantinya pengguna dapat mengakses nama penulis lagu tertentu untuk membuka halaman khusus yang berisi seluruh lagu yang ditulis oleh orang yang bersangkutan. 

Untuk diketahui, layanan streaming musik ini sebenarnya sudah memberikan kredit untuk penulis lagu sejak 2018 lalu. Ini pertama kalinya Spotify menghadirkan halaman khusus untuk para penulis lagu itu. Namun, hanya penulis lagu yang tergabung dalam program beta saja yang halamannya dapat diakses oleh pengguna saat ini. 

Untuk dapat mengakses profil penulis lagu ini, pengguna harus mengakses tiga titik pada sebuah lagu, kemudian pilih “song credits”. Ketika pengguna mengklik nama penulis lagunya, Spotify akan membuka laman Spotify for Artists. Di sini akan terlihat semua lagu yang mereka tulis, demikian juga dengan kolaborasi terpopulernya. 

Dilansir dari TheVerge (13/2), program ini masih dalam tahap beta dan sampai saat ini masih dikembangkan oleh Spotify. Karenanya, ada beberapa hal yang tidak sesuai. Hal ini terlihat dari tampilan gambar profil di halaman penulis lagu. Alih-alih menampilkan wajah si penulis yang bersangkutan, gambar profil itu justru menunjukkan ilustrasi dari lagu sang penulis yang paling banyak didengarkan. 

Langkah pemberian kredit sebenarnya bukan hanya dilakukan Spotify. YouTube sudah memulai hal ini sejak 2018 lalu. Demikian juga Pandora yang akhirnya menyertakan kredit penulis lagu pada 2019. Namun langkah yang dilakukan Spotify dipandang sebagai sebuah cara baru bagi pengguna untuk menjelajah di platform musik tersebut. 

Sampai saat ini, Songwriter Pages belum diluncurkan secara resmi. Hanya mereka yang menggunakan versi beta saja yang bisa menjajalnya, Itu hanya terbatas pada penggunaan Spotify di web. 

Share
back to top