Penjualan smartphone global kuartal kedua 2019 kembali turun

Penjualan smartphone kuartal kedua kembali mengalami penurunan. Dalam laporan Gartner, di kuartal kedua Samsung dan Huawei menunjukkan kenaikan penjualan.

Penjualan smartphone global kuartal kedua 2019 kembali turun Source: Patardo/ Tek.id

Penjualan smartphone secara global kembali mengalami penurunan di kuartal kedua tahun ini. Dalam riset yang dilakukan lembaga analis Gartner (27/8), penurunan itu terjadi sebesar 1,7 persen di kuartal kedua tahun ini. Secara total, ada 368 juta smartphone yang berhasil terjual. 

“Permintaan untuk smartphone high-end menurun pada tingkat yang lebih besar ketimbang permintaan untuk smartphone kelas menengah dan bawah,” ujar Anshul Gupta, Direktur peneliti senior di Gartner. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple berikan investasi baru untuk Corning

Asus, ada ratusan gim mobile dengan refresh rate di 120 fps

Razer buat casing untuk gamer pengguna iPhone 11 dan iPhone 11 Pro


Anshul Gupta juga menambahkan bahwa beberapa manufaktur membawa fitur smartphone premium seperti multi kamera, baik di depan maupun belakang, layar tanpa bezel dan baterai besar dari seri flagship ke seri yang lebih rendah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan smartphone mereka. 

Selama kuartal kedua, Samsung dan Huawei berhasil mempertahankan posisinya puncak dengan terus memperlihatkan kenaikan penjualan. Samsung sendiri dilaporkan berhasil mencapai kenaikan penjualan sebesar 16,5 persen. Ini menjadi angin segar bagi Samsung setelah enam kuartal berturut-turut terus mengalami penurunan. Huawei sendiri dilaporkan mencatat kenaikan penjualan sebesar 3,8 persen. 

Untuk diketahui, pencekalan Huawei yang dilakukan AS sempat membuat goyang penjualan smartphone Huawei di pasar global. Kendati begitu, penjualan smartphone di negara asalnya membantu penjualan merek Huawei ini terus tumbuh. 

Di sisi lain, iPhone terus mengalami penurunan penjualan dari tahun ke tahun. Di kuartal pertama, Apple mampu menjual kurang lebih 44,5 juta unit iPhone secara global. Sedangkan di kuartal kedua, Apple hanya mampu menjual sekitar 38,5 juta unit iPhone saja. 

Di kuartal kedua ini, Xiaomi akhirnya kembali memasuki posisi lima besar brand dengan penjualan smartphone terbanyak. Untuk diketahui, di kuartal pertama posisi Xiaomi berhasil digeser oleh Vivo dengan total penjualan sebanyak 27,4 juta unit smartphone. Tidak tanggung-tanggung, Xiaomi berhasil melompat ke posisi ketiga dengan total penjualan sebanyak 33,2 juta smartphone

Untuk diketahui, berdasarkan riset Gartner, penurunan penjualan smartphone sudah terjadi sejak kuartal pertama tahun ini. Dalam laporan yang dirilis pada Mei lalu, penurunan smartphone terjadi sebesar 2,7 persen. Kala itu, ada total 373 juta smartphone yang terjual. Sementara di kuartal kedua, penurunan terjadi sebanyak 1,7 persen dengan total penjualan smartphone secara global di kisaran 368 juta unit. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: