sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Kamis, 28 Jul 2022 06:36 WIB

Penjualan ponsel di Tiongkok sentuh titik terendah

Ada sebuah laporan yang menyatakan bahwa penjualan ponsel di negara Tiongkok mencapai titik terendah baru di Q2 2022.

Penjualan ponsel di Tiongkok sentuh titik terendah
Ilustrasi: Pixabay

Penjualan ponsel di Tiongkok turun pada kuartal kedua tahun ini, yakni periode antara April – Juni. Sebagaimana laporan Market Pulse Counterpoint, penjualan turun 14,2% tahun ke tahun. Volume kuartal kedua adalah 12,6% lebih rendah dari tingkat yang terlihat selama pandemi Covid-19 melanda kuartal pertama tahun 2020.

Penjualan tersebut juga kurang dari setengah dari puncak historis yang dicapai pada Q4 2016. Terakhir kali penjualan lebih rendah dari kuartal kedua tahun ini adalah hampir satu dekade lalu di Q4 2012, ketika iPhone 5 diperkenalkan.

Dilansir dari Gizmochina (28/7), penurunan penjualan ponsel di Tiongkok dikaitkan dengan kenaikan inflasi, perang Rusia-Ukraina, dan lockdown yang disebabkan oleh Covid serta penurunan yang berkepanjangan.

Selama kuartal kedua tahun ini, vivo memimpin pasar ponsel di Tiongkok dengan pangsa 19,8% berkat ponsel seri S12. Honor berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 18,7%. Merek ini memiliki kenaikan besar dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu ketika hanya memiliki pangsa 7,7%. Keberhasilan Honor dikatakan dikaitkan dengan memperluas kehadiran offline mereka.

Posisi ketiga ditempati oleh OPPO yang merebut pangsa pasar 17,9%. Sedangkan Apple mempertahankan posisi keempatnya dengan pangsa pasar 15,5%, sedikit meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Seri iPhone 13 disebut-sebut menjadi alasan performa Apple bagus. Xiaomi mengantongi tempat kelima dengan pangsa 14,9%. Merek ini mengalami peningkatan penjualan pada bulan Juni oleh model seperti seri Redmi K50 dan Note 11.

Di luar daftar lima besar, tiga tempat terakhir ditempati oleh Huawei, realme, dan lainnya yang masing-masing mencatatkan pangsa pasar 6,9%, 2,4%, dan 4,3%. Counterpoint menambahkan bahwa meskipun kinerja mengecewakan pada Q2 2022, perusahaan-perusahaan Tiongkok terus memperkuat posisi di segmen kelas atas.

Share
×
tekid
back to top