sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
Minggu, 23 Feb 2020 12:30 WIB

Penjelasan Google terkait absennya Android di perangkat Huawei baru

Dalam sebuah postingan di blog, Google menjawab pertanyaan penggemar teknologi di luar Amerika dan Tiongkok mengapa mereka tidak dapat menjalankan GMS di perangkat Huawei terbaru mereka.

Penjelasan Google terkait absennya Android di perangkat Huawei baru
Credit : Engadget

Para penggemar teknologi di seluruh dunia saat ini masih mempertanyakan mengenai dukungan Google di perangkat smartphone terbaru milik Huawei. Mereka masih banyak bertanya, apakah perangkat tersebut akan mendapatkan dukungan atau dapat menjalankan GMS di perangkat mereka.

Menanggapi pertanyaan tersebut, baru-baru ini, pihak Google melalui Direktur hukum Android & Play, Tristan Ostrowski, memberikan penjelasan panjang mengenai pertanyaan tersebut. Dalam sebuah postingan blog, mereka menyebut betapa pentingnya perlindungan pengguna bagi mereka.

“Untuk pengguna akhir, terutama yang berada di luar Amerika dan Tiongkok, mungkin tidak jelas mengapa rangkaian aplikasi dan layanan Google tidak ada pada ponsel Huawei baru. Semenjak 16 Mei 2019 kami sudah tak lagi memberikan dukungan ke ponsel Huawei baru,” tulis Tristan, seperti dikutip dari laman Engadget (23/2/2020).

Mereka mengatakan, untuk dapat menjalankan GMS, perusahaan smartphone harus mendapatkan verifikasi Play Protect Certified Android devices. Dan dikarenakan adanya larangan pemerintah Amerika untuk berbisnis dengan perusahaan Tiongkok, Google tak dapat melakukan hal tersebut.

Pihak Google menyatakan, jika sebuah smartphone tidak bisa mendapatkan verifikasi tersebut, akan ada resiko keamanan baik di perangkat atau melalui aplikasi yang telah dirusak. Dan hal tersebut bukan sebuah kabar yang menggembirakan.

Di sisi lain, Huawei telah mengisyaratkan untuk mengganti OS Android di perangkat baru mereka dengan OS buatan mereka sendiri. Akan tetapi, Huawei menyebut jika mereka bisa terus menggunakan OS Android dan segala dukungannya, maka mereka tidak akan menggunakan OS milik mereka sendiri.

Share
back to top