sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 29 Apr 2023 09:48 WIB

Peningkatan dan arsitektur baru Snapdragon 8 Gen 3

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 akan menampilkan arsitektur 1+5+2 yang terdiri dari satu core besar, lima core besar, dan dua core kecil, dengan nomor model SM8650.

Peningkatan dan arsitektur baru Snapdragon 8 Gen 3

Qualcomm bersiap untuk meluncurkan chipset Snapdragon terbarunya, Snapdragon 8 Gen 3. Setelah produksi chip Snapdragon 8 yang sukses oleh TSMC tahun lalu, kinerja dan konsumsi daya telah meningkat pesat, dan Snapdragon 8 Gen 2 yang populer telah membantu seri ini mengatasi reputasinya di pasar flagship. 

Dilansir dari Gizmochina (29/4), Snapdragon 8 Gen 3 sekarang dalam tahap akhir pengembangan. Beberapa mitra OEM dilaporkan telah menerima sampel rekayasa awal untuk merancang ponsel mereka dan salah satu perubahan paling signifikan pada chipset ini adalah arsitektur CPU barunya.

Untuk pertama kalinya, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 akan menampilkan arsitektur 1+5+2 , seperti dilaporkan Digital Chat Station. Desain baru tersebut terdiri dari satu core besar, lima core besar, dan dua core kecil, dengan nomor model SM8650.

Arsitektur baru ini menggantikan satu inti kecil dengan inti besar, meningkatkan kinerja secara signifikan dibandingkan dengan arsitektur 1+4+3 dari Snapdragon 8 Gen 2.

Laporan sebelumnya menunjukkan core besar Snapdragon 8 Gen 3 akan ditingkatkan ke Cortex-X4 canggih, dengan frekuensi maksimum 3,7GHz. Ini merupakan peningkatan signifikan dibandingkan 3,36GHz milik Snapdragon 8 Gen 2. Selain itu, GPU akan upgrade ke Adreno 750.

Peningkatan kinerja dan efisiensi daya Snapdragon 8 Gen 3

Kemungkinan TSMC akan terus memproduksi Snapdragon 8 Gen 3, dengan teknologi proses yang ditingkatkan dari N4 ke N4P. Meskipun tidak menggunakan teknologi proses N3 yang lebih canggih, N4P menawarkan peningkatan kinerja sebesar 6% dibandingkan dengan N4.

Selain itu, N4P mengurangi jumlah lapisan penutup, menyederhanakan proses dan mempercepat siklus produksi chip. Hal ini menjadikannya lebih hemat biaya dan efisien daripada N3.

Dengan peningkatan arsitektur dan teknologi proses, Snapdragon 8 Gen 3 diharapkan dapat mencapai kinerja benchmark AnTuTu sekitar 1,5 juta poin, memberikan pengalaman yang lebih halus dan lebih responsif kepada pengguna, terutama saat menjalankan aplikasi dan gim-gim berat. 

Adapun pabrikan yang akan meluncurkam perangkat pertama dengan Snapdragon 8 Gen 3, termasuk Xiaomi, OnePlus, dan Vivo. MediaTek juga bersiap untuk bersaing dengan chip andalan Snapdragon dengan chipset andalan mereka yang akan datang, Dimensity 9200+.

Share
×
tekid
back to top