sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Rabu, 11 Okt 2023 11:39 WIB

Gartner: Pengiriman PC global turun delapan kuartal berturut-turut

Berkaca dari firma riset pasar Gartner, pengiriman PC global turun 9% pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2023.

Gartner: Pengiriman PC global turun delapan kuartal berturut-turut

Berkaca dari firma riset pasar Gartner, pengiriman PC global turun 9% pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2023. Ini adalah penurunan pasar PC global selama delapan kuartal berturut-turut, tetapi para analis percaya bahwa pasar mungkin akhirnya mencapai titik terendah dan mulai melihat pertumbuhan lagi pada kuartal berikutnya.

Dilansir dari Gizmochina (11/10), Apple mengalami penurunan paling tajam di antara produsen PC besar, dengan pengiriman turun 24%. Gartner mengaitkan penurunan ini dengan peningkatan pengiriman yang signifikan pada kuartal ketiga tahun lalu, seiring dengan meredanya gangguan pasokan dan siswa serta guru membeli PC baru pada awal tahun ajaran.

HP, di sisi lain, adalah satu-satunya vendor yang mengalami pertumbuhan, dengan pengiriman meningkat 6,4%. Namun Lenovo tetap menjadi vendor PC teratas pada Q3 2023 dengan pangsa pasar 25%. Secara keseluruhan, pengiriman PC mencapai 64,3 juta unit pada kuartal ketiga, turun dari 70,6 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.

Meskipun pasar PC mengalami kesulitan baru-baru ini, analis Gartner, Mikako Kitagawa yakin bahwa penurunan tersebut mungkin telah mencapai titik terendahnya. Dia mengaitkan hal ini dengan sejumlah faktor, termasuk pelanggan korporat yang mencapai siklus pembelian berikutnya, didorong oleh upgrade perangkat lunak Microsoft Windows 11, dan kesiapan konsumen untuk mengganti PC yang dibeli di awal pandemi.

Gartner memperkirakan pasar PC di seluruh dunia akan tumbuh 4,9% pada tahun 2024, dengan perkiraan pertumbuhan di segmen bisnis dan konsumen.

Share
×
tekid
back to top