Pengguna kini bisa program robot Aibo sendiri

Alat penngembang (developer tool) membuatnya lebih mudah untuk dilatih lebih pintar lagi, cocok bagi pengguna yang gemar bereksperimen.

Pengguna kini bisa program robot Aibo sendiri Source: Sony

Pengguna kini dapat memanfaatkan robot Aibo terbaru untuk melakukan lebih banyak hal. Pasalnya, Sony telah meluncurkan pembaruan versi 2.50 untuk robot anjing menggemaskan tersebut. Dilansir dari Engadget (17/11), pembaruan software ini termasuk antarmuka berbasis web untuk melakukan pemrograman.

Bagi pengguna pemula dapat memanfaatkan kit pemrograman visual yang menggunakan blok untuk melakukan tindakan, sementara programmer berpengalaman dapat berpartisipasi dalam Developer Program. Pengguna tidak dapat mengubah personalitas dasar Aibo, tetapi dapat menambah kegiatan lain yang tidak diprogram Sony.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Sarung tangan robot ini bisa bantu orang lumpuh

Robot ini berasal dari embrio katak

Ilmuwan kembangkan robot otonom untuk ambil sampel dasar laut


Pengguna dapat “melatih perjalanan” untuk Aibo menggunakan fitur pemetaan, mengajarkannya untuk berjalan dengan benar dalam ruangan. Selain itu, pengguna dapat memberi makan robot dengan menggunakan koin virtual untuk membeli “aibocrisps”. Meskipun pengguna akan mendapatkan koin secara gratis dengan masuk ke aplikasi My Aibo, Sony juga menawarkan koin untuk pembelian dengan uang sesungguhnya.

Sony membanderol robot Aibo terbaru dengan harga USD2900 (Rp40,7 juta), yang dapat dibilang masih terlalu tinggi. Tetapi alat pengembang (developer tool) membuatnya lebih mudah untuk dilatih lebih pintar lagi, cocok bagi pengguna yang gemar bereksperimen.

“Sebagai inovator berpengalaman dan pemimpin dalam robot pendamping, Sony berkomitmen untuk bekerja menuju kemajuan dan peningkatan berkelanjutan dalam teknologi AI dan robotika. Pembaruan software versi 2.50 membantu meningkatkan pengalaman pengguna Aibo, dan juga terus membantu memimpin AI serta percakapan robotika ke masa depan,” kata Vice President, New Business and Corporate Marketing Group, Sony Electronics North America, Michiko Araki Kelley.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Sony Robot