Pengguna iPhone banyak yang hijrah ke Android

Para pengguna iPhone dikabarkan semakin banyak yang hijrah ke Android, dengan Samsung menjadi perangkat paling favorit.

Pengguna iPhone banyak yang hijrah ke Android iPhpne

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh perusahaan BankMyCell menyatakan loyalitas pengguna iPhone mengalami penurunan. Para pengguna smartphone kini sudah mulai beranjak ke perangkat Android.

Platform perdagangan ponsel bekas menyebut loyalitas terhadap merek iPhone mungkin telah mencapai titik terendah sepanjang masa. Perusahaan tersebut melacak lebih dari 38.000 pelanggan mereka dari Oktober 2018 hingga Juni 2019 untuk melakukan pengamatan.


BACA JUGA

Survei menyebutkan hanya sedikit yang menganggap jack headphone penting

Samsung Galaxy Note 10 resmi di Indonesia, ini spesifikasinya

Galaxy S10 Plus kalahkan skor Galaxy Note 10 Plus


Laporan itu menjelaskan, dibandingkan dengan tahun 2018, loyalitas merek Apple telah merosot 15,2 persen. Tingkat retensi tersebut bahkan belum merosot sejak 2011. Dari kuartal 4 2018 ke kuartal 2 2019, sekitar 30 persen pengguna iPhone bermigrasi ke perangkat yang menjalankan OS Android.

Yang mengejutkan, jumlah pelanggan trade-in yang memilih untuk tetap dengan Apple turun menjadi 66,4 persen pada kuartal terakhir 2018. Hal ini terjadi setelah peluncuran flagship Apple kala itu, seperti dilansir dari laman Wccftech (19/7/2019).

Data tersebut juga menunjukkan bahwa lebih dari 18 persen pengguna iPhone beralih ke handset Samsung. Alternatif populer lainnya yang dipilih oleh pengguna iPhone adalah LG dan Motorola, dengan masing-masing sekitar 8,2 persen dan 2,5 persen.

Sekitar 18,5 persen orang yang menjual iPhone XS beralih membeli ponsel Samsung. Sementara 26 persen dari orang yang menjual iPhone X beralih ke merek lain. Di sisi lain, hanya 7,7 persen dari individu yang menjual Galaxy S9 untuk membeli iPhone.

Temuan ini hampir tidak mengejutkan, mengingat fakta bahwa belakangan ini, Apple tertinggal dalam beberapa kategori. Salah satunya adalah fitur pencitraan yang baru dan inovatif. Banyak pelanggan mungkin juga kecewa dengan penetapan harga iPhone terbaru, yang memang sedikit lebih mahal.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: