sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 02 Jan 2021 08:51 WIB

Pengguna Huawei tak bisa unduh game Tencent

Huawei telah menghapus katalog gim Tencent dari kategori toko aplikasinya, setelah pembagian dana tidak mencapai kesepakatan.

Pengguna Huawei tak bisa unduh game Tencent
Source: SiliconAngle

Huawei telah menghapus gim-gim dari Tencent yang ada di toko aplikasinya. Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh Tencent yang mengatakan bahwa aplikasi yang dihapus adalah seluruh katalog gim online-nya. Ini karena kedua perusahaan tidak mencapai kesepakatan tentang pembagian pendapatan.

Dikutip dari Gizmochina (2/1), Tencent tidak dapat memperbarui kontraknya dalam Mobile Game Promotion Project Agreement sesuai rencana. Proses negosiasi tidak mencapai kata sepakat, sehingga kini pengguna Huawei tidak dapat lagi memainkan gim dari pengembang tersebut.

“Karena kegagalan platform gim mobile Huawei untuk memperbarui kontraknya dengan Perjanjian Proyek Promosi Game Seluler kami sesuai jadwal, produk-produk Tencent Games yang relevan tiba-tiba dihapus dari raknya pagi ini,” demikian pernyataan Tencent.

Meski begitu, menurut data dari firma riset pasar IDC dan Canalys, Huawei menguasai 41,4% pangsa pasar Tiongkok dan 14,9% pasar global. Dan Tencent telah menjual beberapa permainan online yang memuncaki peringkat atas penjualan. Ini berarti, kemitraan keduanya sebenarnyna memberi keuntungan bagi Tencent yang memanfaatkan ratusan juta ponsel Huawei yang beredar di Tiongkok, sebagai pasarnya.

Di samping itu, sebuah laporan mengatakan bahwa masalah tersebut mengisyaratnya alasan penghapusan karena perusahaan tidak dapat menyetujui kesepakatan pembagian pendapatan. Huawei dilaporkan bersikeras menerima potongan 50% dan ditolak oleh Tencent.

Perusahaan gim tersebut juga mengungkapkan bahwa mereka secara aktif telah berkomunikasi dan bernegosiasi dengan platform gim seluler Huawei dalam mencapai kesepakatan sesegera mungkin. Namun, pada akhirnya mereka melontarkan permintaan maaf kepada pengguna atas ketidaknyamanan ini.

Selain Tencent, ada juga pengembang yang sudah lebih dulu hengkang dari Huawei. Salah satunya adalah pengembang Genshin Impact yang berbasis di Shanghai, Mihoyo. Mereka gagal mencapai kesepakatan dengan struktur komisi untuk penjualan. Kasus ini mengingatkan kita juga pada permasalahan antara Apple dan Epic Games yang membuat Fortnite lenyap dari App Store. Keduanya berselisih tentang pengumpulan pendapatan.

Share
×
tekid
back to top