sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Kamis, 23 Mar 2023 14:32 WIB

Penemu Ethernet Bob Metcalfe raih Turing Award, penghargaan di bidang komputasi

Penemuannya yang hampir berusia 50 tahun tersebut sangat membantu manusia untuk terkoneksi dengan internet.

Penemu Ethernet Bob Metcalfe raih Turing Award, penghargaan di bidang komputasi
Foto: Dok Engadget

Salah satu perangkat yang dapat membantu kita untuk terkoneksi dengan internet adalah ethernet. Jaringan yang termasuk dalam kategori Local Area Network (LAN) ini merupakan jenis protokol komunikasi yang menghubungkan komputer dalam jaringan lokal dan jaringan area yang luas. Ethernet dapat menghubungkan perangkat, seperti laptop dan printer, di dalam rumah, gedung, bahkan tempat yang lebih kecil.

Perangkat tersebut ditemukan oleh Bob Metcalfe dan mendiang David Boggs pada tahun 1970-an di Palo Alto Research Institue Xerox (Xerox PARC). Berkat inovasinya tersebut, Metcalfe menerima pengharagaan AM Turing dari Association for Computing Machinery (ACM) yang sering disebut juga sebagai hadiah nobel di bidang komputasi.

dari Engadget (23/3), setelah menciptakan Ethernet, Metcalfe sempat meninggalkan Xerox PARC dan mendirikan perusahaan sendiri bernama 3com. Perusahaan tersebut berfokus pada peralatan jaringan yang membuat Ethernet ke arus utama.

“Ini berbahaya untuk menerima penghargaan untuk mengembangkan Ethernet, yang akan berusia 50 tahun pada 22 Mei 2023. Selama 50 tahun Ethernet, ratusan orang telah mendapatkan klaim sebagai penemu. Bergabungkan dengan saya untuk mengatakan kepada orang-orang ini, ‘Terima kasih’.” Kata Metcalfe pada University of Texas, tempatnya menjawab sebagai professor emeritus.

Terlepas dari ketenarannya sebagai penemu di bidang teknologi kabel, Metcalfe pernah mengatakan bahwa pada awalnya ia membayangkan akan menemukan sebuah alat seperti WiFi pada masa sekarang. Namun, hal itu diakuinya cukup memakan biaya lebih.

“Kami ingin membuatnya nirkabel. Tapi kami tidak bisa memiliki nol kabel. Itu akan terlalu lambat dan terlalu mahal,” ungkapnya.

Tag
Share
×
tekid
back to top