Penelitian mengklaim perangkat Apple bisa mendeteksi penyakit

Penelitian dari Evidation Health bersama Apple Inc menyebutkan bahwa perangkat Apple dapat mengetahui orang dengan penyakit dimensia.

Penelitian mengklaim perangkat Apple bisa mendeteksi penyakit Source: Washington Post

Baru-baru ini Evidation Health bersama Apple Inc telah membagikan hasil penelitian mereka terkait apakah data dari perangkat dapat membantu menemukan tanda-tanda awal penyakit demensia. Dilansir dari CNBC (8/8), penelitian ini mengungkapkan bahwa iPhone, Apple Watch, iPad, dan perangkat pemantau tidur Beddit dapat membedakan orang dengan gangguan kognitif ringan (Mild Cognitive Impairment) dan penyakit demensia. Demensia adalah gejala penurunan fungsi otak. Penyakit ini mempengaruhi memori jangka pendek, kemampuan berbicara, dan kemampuan motorik.

"Dengan penelitian ini, kami melihat bagaimana data perilaku sehari-hari. Seperti yang ditangkap oleh iPhone, Apple Watch, dan alat monitor tidur Beddit, mungkin efektif dalam membedakan antara individu dengan gangguan kognitif ringan dan penyakit Alzheimer dini, dan mereka yang tidak memiliki gejala," kata Pendiri Evidation, Christine Lemke. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple: iPhone 11 berbagi data, tidak mengoleksinya

Floppy Disk bertandatangan Steve Jobs terjual Rp1,1 miliar

Apple tidak akan gunakan port lightning di produk iPhone 2021


Disebutkan bahwa penelitian ini akan sangat berguna untuk sebagai deteksi dini bagi kedua penyakit tersebut, mengingat terdapat lebih dari 6 juta orang di AS hidup dengan penyakit demensia. Studi tahap awal disebutkan berlangsung selama 12 minggu. Termasuk 82 orang dari healthy control group dan 31 orang dengan gangguan kognitif ringan serta demensia. 

Para partisipan juga diminta untuk menghindari minum obat yang mungkin berdampak pada hasil penelitian, dan masing-masing menerima tiga gadget Apple. Seperti iPhone, Apple Watch, dan pelacak tidur Beddit. Selain itu, laporan juga mengungkapkan bahwa orang dengan gejala penurunan kognitif akan mengetik lebih lambat, mengetik kurang teratur, dan mengirim pesan teks lebih sedikit dibanding orang yang sehat. 

Tampaknya meski Apple belum mengumumkan perangkat atau layanan apa pun untuk penderita demensia, namun diklaim smartwatch-nya telah bergerak di bidang kesehatan. Bahkan pada versi terbarunya telah mencakup beberapa fitur yang dapat membantu mendiagnosis masalah jantung.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: