sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Minggu, 18 Jul 2021 10:37 WIB

Peneliti Jepang pecahkan rekor kecepatan internet

Dalam sebuah pernyataan terbaru, peneliti dari National Institute Information & Communication Technology Jepang telah memecahkan rekor kecepatan internet dengan kecepatan 319 Tb/s.

Peneliti Jepang pecahkan rekor kecepatan internet

Para peneliti dari National Institute Information & Communication Technology (NICT) baru saja memecahkan rekor internet tercepat. Mereka mengklaim, kecepatan internet yang mereka buat memiliki kecepatan 2 kali lebih cepat dari rekor sebelumnya.

Dalam sebuah pernyataan, tim NICT mengaku bahwa mereka berhasil menciptakan transmisi internet dengan kecepatan 319 Terabit per detik (Tb/s). Sekadar informasi, rekor kecepatan internet sebelumnya ada di 178 Tb/s.
Untuk mencapai rekor ini, tim NICT harus menggunakan beberapa perangkat khusus, dimana hanya dapat dibuat dan dirakit oleh para insinyur mereka yang sangat terampil dan berpendidikan dengan keilmuan yang berkaitan dengan laser.

"Kami mendemonstrasikan transmisi resirkulasi saluran dengan jarak 552 x 25 GHz yang mencakup pita S, C, dan L >120 nm dalam serat 4-inti berdiameter 125m, dengan total throughput sebesar 319 Tb/s pada 3001 km," kata para peneliti dalam makalah mereka, seperti dikutip dari laman Tom’s Hardware (18/7).

Di dalam selubung kabel yang mereka buat, terdapat sekitar laser sebanyak 552 saluran yang menembakkan berbagai panjang gelombang. Aliran cahaya ini kemudian diproses dan diperkuat oleh penguat serat jenis baru yang dimasukkan dalam thulium dan erbium. 

NICT mengatakan bahwa teknologi ini dapat membawa kecepatan lebih dari 3000 kilometer dan mempertahankan bandwidth tanpa penurunan kinerja. Mereka mengatakan bahkan infrastruktur serat optik biasa dapat mendukung jenis kecepatan ini, tetapi perlu melalui beberapa modifikasi terlebih dahulu.

Sayang, infrastruktur se-kompleks ini tidak akan dapat diaplikasikan ke ISP dalam waktu dekat ini. Selain mahal, tidak banyak kegunaan yang dapat dimanfaatkan pengguna umum saat menggunakan teknologi tersebut.

Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top