Pendiri Atari, Ted Dabney meninggal dunia

Ted Dabney, pria yang mendirikan Atari pada 1972 dilaporkan telah meninggal dunia dalam usia 81 tahun

Pendiri Atari, Ted Dabney meninggal dunia

Ted Dabney, pria yang mendirikan Atari pada 1972 meninggal dunia dalam usia 81 tahun. Dabney merupakan sosok yang memiliki kontribusi dalam membangun industri video gim pertama dunia. Sejak akhir tahun lalu, Dabney memang telah didiagnosa menderita kanker esophagus dan diinformasikan bahwa dirinya hanya memiliki kesempatan delapan bulan untuk hidup.

Sejarawan video gim Lwonard Herman mengatakan bahwa dirinya mendengar kabar meninggalnya Dabney dari seorang rekan. Herman lantas menelepon istri Dabney, Carolyn guna meminta konfirmasi dan menyampaikan belasungkawa. Herman juga membagikan kabar duka itu melalui akun Facebook-nya.

"RIP kawanku. Warisanmu akan hidup dalam kurun waktu yang lama," ujarnya di Facebook.

Meski kebersamaan Dabney dengan Atari terbilang singkat, dia tetap dinilai memiliki pengaruh besar. Dabney dan Co-Founder Atari lainnya Nolan Bushnell merilis gim video pertama yang tersedia secara komersial bernama Computer Space pada tahun 1971.

Teknologi sirkuit Dabney yang dirancang untuk Computer Space, kemudian digunakan untuk merancang gim "Pong". Gim tersebut sangat populer kala itu bahkan menjadi kontribusi kunci dalam sejarah gim.

Setelah berkarier di Atari, Dabney bekerja di perusahaan elektronik seperti Fujitsu, Raytheon, dan Teledyne. Saat Dabney merasa cukup dalam berkarier, dia bersama istrinya memilih pindah ke lingkungan yang lebih alami di pegunubgan Sierra Nevada. Kabarnya, disana Dabney dan istrinya memiliki serta mengoperasikan sebuah toko kelontong. 

Kabar duka dari Dabney juga bergaung di media sosial. Banyak kalangan mengapresiasi dan memuji prestasi Dabney melalui akun mereka. Demikian dilansir Huffington Post.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: