sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Selasa, 09 Agst 2022 16:20 WIB

Google: Pencarian mobil listrik Indonesia melonjak drastis

Pada 2022, ada peningkatan pencarian hingga 300 persen di Indonesia terkait dengan topik kendaraan listrik.

Google: Pencarian mobil listrik Indonesia melonjak drastis
Ilustrasi: Mohamed Hassan from Pixabay

Masyarakat Indonesia saat ini semakin sadar dan tertarik dengan kendaraan listrik. Dalam sebuah data yang diungkapkan oleh Google, di 2022 ini, pencarian terkait topik tersebut terus meningkat.

Pihak Google mengatakan bahwa penelusuran terkait merek mobil yang memproduksi kendaraan listrik naik 300 persen selama periode satu tahun dari 2020 sampai 2021. Pengguna pun mencari topik yang satu ini di beberapa platform sekaligus.

“Penelusuran untuk topik terkait kendaraan hibrida naik 53 persen selama periode yang sama dan penelusuran untuk kata kunci terkait mobil listrik naik 60 persen di YouTube,” ujar Industry Analyst, Google Indonesia, Karlina Ayuningtyas dalam sebuah acara daring, Selasa (8/9).

Tak ketinggalan, dia juga mengatakan bahwa penelusuran terkait otomotif di Google naik 20 persen selama periode yang sama. Hal ini juga cukup menarik dikarenakan penelusuran terkait topik ini sempat menurun selama pandemi.

“Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya,” kata Karlina. Kendaraan listrik merujuk pada kombinasi dari kategori EV plus Hybrid.

“Penelusuran untuk harga EV mencapai 35 persen dari penelusuran terkait EV secara keseluruhan, sementara 29 persen dari penelusuran terkait hybrid adalah penelusuran untuk informasi harga,” papar Karlina.

“Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90 persen diantaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online.”

Share
×
tekid
back to top