sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Selasa, 19 Mei 2020 15:33 WIB

Kerjasama dengan XL dan USAID, pemerintah sediakan layanan informasi Covid-19

Dalam rangka menyebarkan informasi kepada masyarakat, pemerintah bekerja sama dengan XL Axiata dan USAID meluncurkan layanan informasi Covid-19 di nomor 321.

Kerjasama dengan XL dan USAID, pemerintah sediakan layanan informasi Covid-19
Source: Pexels/ Breakingpic

Pemerintah hari ini (19/5) meluncurkan layanan Interactive Voice Response (IVR) di nomor 321 sebagai salah satu media edukasi pencegahan Covid-19. Layanan ini diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan, USAID, dan XL Axiata. Peluncuran itu dilakukan secara virtual melalui kampanye Berubah Usir Wabah, Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19. 

Menurut Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, semakin luasnya dampak pandemi ini perlu disikapi dengan percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat untuk mengatasi potensi risiko dan ancaman masalah kesehatan. Karenanya, perilaku masyarakat harus diubah dan salah satu pendekatan yang diambil adalah komunikasi khusus melalui layanan IVR ini. 

Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Pencegahan Covid-19 telah disusun bersama Tim John Hopkins Center for Communication Program sebagai counterpart dari USAID. Dokumen ini menjadi acuan bagi berbagai pihak terkait dalam memberikan edukasi dan mendorong perubahan perilaku masyarakat yang mengarah pada pencegahan Covid-19. 

“Launching hari ini menggambarkan komitmen bersama kami untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah paling terpencil sekalipun dengan informasi yang terpercaya, mudah dilakukan sehingga dapat menyelamatkan jiwa,” ujar Rian Washburn, Direktur USAID Indonesia.

Sejalan dengan itu, Presiden Direktur & CEo XL Axiata, Dian Siswarini juga mengungkapkan bahwa layanan telepon 321 menjadi salah satu solusi untuk mempercepat penyebaran informasi seputar Covid-19. Layanan ini sendiri dapat diakses oleh seluruh pengguna telepon seluler di Indonesia. “Seluruh konten informasi pada layanan ini pun disediakan dalam bahasa Indonesia,” kata Dian.

Untuk diketahui, pelanggan dapat menikmati panggilan bebas biaya untuk 8 (delapan) telepon pertama. Setelah delapan panggilan pertama setiap bulannya, selanjutnya berlaku tarif dengan harga yang terjangkau Rp 250/menit. Panggilan bebas biaya ini berlaku setiap bulannya.

“Seluruh konten informasi terkait Covid-19 selaras dengan panduan nasional yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Inisiatif ini didukung oleh Johns Hopkins Center for Communication Programs Indonesia melalui Program Breakthrough Action yang didanai oleh USAID,” katanya.

Diharapkan kampanye Berubah Usir Wabah dimana mempersembahkan Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19 dan Layanan Interactive Voice Response 321 menjadi salah satu media edukasi pencegahan Covid-19, serta dapat mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih sehat.

Share
back to top