Pemerintah Perancis bakal renovasi Notre Dame dengan bantuan gim

Selain akan menerima bantuan dari seorang profesor, mereka juga akan mendapatkan bantuan dari Ubisoft.

Pemerintah Perancis bakal renovasi Notre Dame dengan bantuan gim Ubisoft

Salah satu bangunan ikonik dunia yakni Notre Dame de Paris mengalami kerusakan cukup parah. Api telah melahap bangunan utama dari salah satu gereja ikonik tersebut.

Saking ikoniknya bangunan tersebut, Pemerintah Perancis pun bertekad untuk melakukan rekonstruksi. Ubisoft menawarkan bantuan kepada Perancis untuk melihat visualisasi digital gereja tersebut sebelum terbakar. 


BACA JUGA

Ini tips chicken dinner dari EVOS

Flappy Royale suguhkan burung Flappy dengan genre battle royale

Ilmuwan Jerman berhasil temukan cara lepas dari kecanduan gim


Salah satu gim ikonik Ubisoft, Assassin's Creed Unity, memang memiliki model detail dari bangunan tersebut. Bukan hanya bagian eksterior dan interior saja yang akurat, namun detail bangunan hingga ke ukuran kecil pun dipetakan secara baik.

Wajar saja jika gim tersebut dibuat dengan riset yang sangat mendalam. Kebetulan, Assassin's Creed Unity yang dirilis pada 2014 tersebut memang mendasarkan gim mereka dengan latar belakang kisah revolusi Perancis 1789, seperti lapor The Next Web (18/4).

Anda bisa memainkan gim tersebut untuk membuktikannya sendiri. Anda akan terkejut dengan level detail dari bangunan tersebut. Hal ini dikarenakan salah satu Level Artist dari tim Ubisoft, Caroline Miousse, mengaku bahwa timnya membutuhkan waktu hingga dua tahun untuk membuat replika detail Perancis, termasuk Gereja Notre Dame.

"Notre Dame adalah salah satu struktur bangunan terbesar di dalam gim. Kita harus merekonstruksi ulang versi bangunan pada masa tersebut. Dibutuhkan hampir setahun hanya untuk mengerjakan detail bangunan tersebut dari berbagai sumber foto untuk menciptakan arsitektur seperti aslinya," jelas Miousse.

Selain melakukan pencitraan melalui gim, Pemerintah Perancis juga akan menerima bantuan dari ahli sejarah seni bernama Dr. Andrew Tallon. Dia memiliki arsip digital dari Notre Dame. Pencitraan akan dilakukan dengan menggunakan metode menembakkan laser ke seluruh bangunan.

Dia telah melakukan hal tersebut pada 2015 silam. Bahkan, proses pengerjaan digitalisasi dari Notre Dame pun didokumentasi oleh National Geographic.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: