Pemasaran motherboard diprediksi turun 10% tahun ini

Sektor DIY PC mengalami penurunan terbesar hingga 15%, namun sektor gaming justru bertumbuh.

Merek-merek besar motherboard tampaknya akan menurunkan pemasaran global sebesar 10 persen di tahun 2018 setelah pasar PC mengalami penurunan penjualan di tahun 2017. Sektor DIY yang diprediksi akan benar-benar merasakan lesunya pasar. Sektor tersebut malah dikabarkan akan berkurang sebesar 15 persen tahun ini menurut DigiTimes.

Kondisi tersebut berbeda dengan pemasaran motherboard pada tahun 2013 silam. Saat itu pengiriman untuk seluruh dunia bisa mencapai sekitar 75 juta unit. Angka tersebut bukannya bertumbuh dan justru malah menukik hingga kurang dari 50 juta unit pada tahun 2016 dan hanya 43 juta unit pada tahun 2017.


BACA JUGA

Asus pastikan dukungan prosesor Ryzen 3000 di beberapa motherboard

Rayakan ulang tahun AMD ke-50, Gigabyte luncurkan motherboard edisi spesial

Gigabyte resmi boyong Z390 Aorus Xtreme Waterforce 5G ke Indonesia


Gigabyte Technology menjadi salah satu jajaran merek terpopuler yang merasakan penurunan tajam di pemasaran motherboard. Tahun kemarin mereka hanya mengirimkan motherboard sejumlah 12,6 juta unit, atau turun dari 16,2 juta unit yang dibukukan pada tahun 2016. Namun beberapa pengamat pasar optimis Gigabyte akan mendapatkan pasarnya kembali awal tahun ini.

Meski sektor DIY mengalami penurunan, sektor gaming justru sedang menikmati penjualan dan memberikan kontribusi bagi perusahaan berkat angka penjualan yang tinggi. Asustek Computer saat ini dikabarkan sedang mendominasi sektor ini, hampir 70 persen pasar gaming dikuasai perusahaan asal Taiwan ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: