sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Rabu, 26 Okt 2022 16:46 WIB

Pemain Xbox Cloud Gaming tumbuh berkat gim Fortnite

Peningkatan pemain Xbox Cloud Gaming terjadi setelah Microsoft dan Epic Games bermitra dengan menghadirkan Fortnite ke Xbox Cloud Gaming secara gratis.

Pemain Xbox Cloud Gaming tumbuh berkat gim Fortnite

Lebih dari 20 juta orang telah melakukan streaming gim menggunakan Xbox Cloud Gaming. Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Microsoft Satya Nadella selama diskusi pendapatan fiskal kuartal pertama 2023.

Nadella mengatakan, pengguna Xbox Cloud Gaming meningkat dua kali lipat dari yang diungkap oleh perusahaan awal tahun ini, yakni sebanyak 10 juta orang. Dikutip dari The Verge (26/10), peningkatan terjadi setelah Microsoft dan Epic Games bermitra, dengan menghadirkan Fortnite ke Xbox Cloud Gaming.

Kemitraan tersebut digadang-gadang menjadi penyebab utama naiknya pengguna Xbox Cloud Gaming. Ditambah lagi, Fortnite merupakan satu-satunya gim gratis yang ada di layanan tersebut, sehingga pemain tidak perlu berlangganan Xbox Game Pass Ultimate untuk memainkannya.

Tumbuhnya pengguna Xbox Cloud Gaming tidak sejalan dengan tren anjloknya layanan streaming gim cloud, seperti Stadia. Google tidak pernah mengumumkan angka pengguna Stadia bahkan hingga layanan tersebut akhirnya diumumkan akan berhenti pada Januari 2023. 

Di samping itu, Xbox Cloud Gaming sebagian besar masih membutuhkan langganan Xbox Game Pass Ultimate yang dibanderol USD14,99. Namun dengan meningkatnya pengguna setelah Fortnite gratis, diharapkan dapat membuka pintu peluang bagi Microsoft untuk menghadirkan lebih banyak gim gratis pada layanannya.

Sebagai informasi, saat ini Microsoft sedang mengerjakan dukungan keyboard dan mouse untuk Xbox Cloud Gaming sambil membawa layanan ke headset Meta Quest VR. Perusahaan juga berupaya memperluas judul untuk perpustakaan gim pengguna akhir tahun ini.

Share
×
tekid
back to top