sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
Rabu, 12 Agst 2020 12:04 WIB

Paten Oppo ungkap teknologi Li-Fi, lebih cepat dari Wi-Fi

Oppo dilaporkan sedang mengembangkan teknologi internet nirkabel baru, yakni Li-Fi. Teknologi ini akan mengandalkan cahaya untuk bisa terkoneksi dengan internet.

Paten Oppo ungkap teknologi Li-Fi, lebih cepat dari Wi-Fi
Source: Lets Go Digital

Oppo dilaporkan sedang mengembangkan teknologi konektivitas baru sebagai alternatif dari Wi-Fi. Teknologi itu diprediksi akan hadir dengan nama Li-Fi dan diklaim akan lebih cepat ketimbang koneksi menggunakan WiFi. 

Sebagaimana diketahui, perkembangan jaringan internet sampai saat ini sudah membawa manusia pada koneksi 5G. Kendati begitu, hampir semua orang masih mengandalkan Wi-Fi untuk konsumsi data mereka, bahkan melebihi 5G dan 4G. Karena itulah Wi-Fi 6, sebagai generasi terbaru koneksi internet nirkabel dihadirkan di perangkat flagship. 

Meski begitu, teknologi Li-Fi yang saat ini sedang dikembangkan Oppo diklaim memiliki kecepatan yang lebih baik dari Wi-Fi. Teknologi ini sudah dikembangkan sejak beberapa tahun lalu untuk menjadi alternatif bagi Wi-Fi. Ketimbang mengandalkan gelombang radio, Li-Fi menggunakan cahaya melalui lampu LED. Karena itulah, Li-Fi merupakan kependekan dari Light Fidelity. 

Dilansir dari Lets Go Digital (12/8), paten Oppo menunjukkan sebuah smartphone dengan layar penuh dan bezel yang tipis. Tidak terlihat adanya kamera depan di perangkat ini. Kemungkinan besar Oppo menggunakan mekanisme kamera pop up untuk perangkat dalam paten ini. 

Nah di bagian belakang perangkat tersebut, terdapat satu modul yang diduga kuat merupakan modul teknologi Li-Fi. Posisinya berada persis di sebelah kamera belakangnya. Sensornya berbentuk persegi dan tampaknya berperan sebagai pendeteksi cahaya yang akan mengkonversi perubahan amplitudo menjadi sinyal elektrik untuk mengaktifkan Li-Fi. 

Sayangnya sampai saat ini belum banyak informasi terkait teknologi baru ini. Belum diketahui juga, apakah Oppo akan benar-benar menggunakan teknologi ini di smartphone buatannya. Kalau pun benar, smartphone dengan teknologi Li-Fi ini diprediksi tidak akan meluncur dalam waktu dekat. 
 

Share
×
img
×
tekid
back to top