sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Senin, 27 Mei 2024 08:06 WIB

Pasar ponsel Eropa tumbuh 10%, dipimpin oleh Samsung

Pasar ponsel pintar Eropa menunjukkan tanda-tanda kenaikan yang menggembirakan pada kuartal pertama tahun 2024.

Pasar ponsel Eropa tumbuh 10%, dipimpin oleh Samsung

Pasar ponsel pintar Eropa menunjukkan tanda-tanda kenaikan yang menggembirakan pada kuartal pertama tahun 2024, menghilangkan kemerosotan berkepanjangan dengan peningkatan pengiriman sebesar 10% dari tahun ke tahun, menurut Counterpoint Research. Dilansir dari Gizmochina (27/5), hal ini menandai pertumbuhan positif pertama sejak kuartal ketiga tahun 2021, yang menunjukkan potensi titik balik bagi kawasan ini.

Raksasa teknologi Samsung, Apple, dan Xiaomi mempertahankan dominasi mereka, namun kisah dalam posisi tiga besar memiliki nasib yang bertolak belakang. Samsung, dengan peningkatan pengiriman sebesar 7%, muncul sebagai pemimpin pasar dengan pangsa 32%. Hal ini menandai perubahan haluan yang disambut baik setelah periode penurunan, yang kemungkinan besar dipicu oleh kesuksesan seri Galaxy S24 yang didukung AI. Peluncuran model A35 dan A55 baru menjelang akhir Q1 dapat semakin memperkuat posisi mereka dalam beberapa bulan mendatang.

Sebaliknya, Apple mengalami sedikit penurunan pengiriman sebesar 1% meskipun menguasai pangsa pasar sebesar 25%. Hal ini dapat dikaitkan dengan siklus penjualan iPhone yang alami, dengan penjualan iPhone 15 yang menurun karena faktor musim. Absennya model iPhone SE baru pada tahun 2024 menunjukkan penurunan lebih lanjut hingga peluncuran iPhone 16 yang sangat dinantikan akhir tahun ini.

Xiaomi menunjukkan pertumbuhan yang konsisten dengan peningkatan pengiriman sebesar 11%, memperkuat posisinya sebagai pemain terbesar ketiga dengan pangsa 18%. Kisah sukses mereka sangat menonjol di Eropa Barat, khususnya di Spanyol dan Italia, didorong oleh seri Redmi Note 13 yang diterima dengan baik. Namun, Xiaomi menghadapi tantangan di Eropa Tengah dan Timur, di mana meningkatnya persaingan dari Samsung dan Tecno mendorong pangsa pasar mereka ke titik terendah sejak awal tahun 2022.

Selain pemain-pemain mapan, laporan ini menyoroti beberapa tren menarik. Realme mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 59%, didorong oleh kinerja yang kuat di Eropa Barat dan kebangkitan di pasar-pasar utama seperti Italia dan Spanyol. Seri C yang terjangkau tetap menjadi buku terlaris, dan Realme 12 baru juga mendapatkan daya tarik.

Pemain penting lainnya adalah Honor, yang mencapai pertumbuhan luar biasa sebesar 67%, melampaui Oppo yang merebut posisi kelima yang didambakan di Eropa untuk pertama kalinya. Prestasi mengesankan ini didorong oleh kesuksesan mereka di Eropa Barat, di mana pengirimannya meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun berkat perangkat menarik seperti Magic V2, Magic 6, dan Honor 90.

Meskipun pemulihan tersebut cukup menjanjikan, analis Counterpoint Research Jan Stryjak memperingatkan agar tidak terlalu optimis. Kemerosotan pada tahun 2023 sangatlah signifikan, dan pasar Eropa masih jauh dari tingkat sebelum pandemi. Pertumbuhan diperkirakan akan terus berlanjut dengan kecepatan sedang sepanjang sisa tahun 2024, namun untuk mencapai angka sebelum pandemi kemungkinan akan memakan waktu lebih lama.

Share
×
tekid
back to top