sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
Selasa, 14 Jan 2020 18:25 WIB

Pasar PC tumbuh secara konsisten, pertama kalinya dalam delapan tahun

IDC dan Gartner mengungkapkan bahwa pasar PC bertumbuh secara konsisten, setelah pertumbuhan terakhir sejak tahun 2011 silam.

Pasar PC tumbuh secara konsisten, pertama kalinya dalam delapan tahun
Source: Pexels

Perusahaan riset pasar IDC dan Gartner mengungkapkan bahwa pasar PC di seluruh dunia tumbuh secara konsisten untuk pertama kalinya dalam delapan tahun. Dilansir dari The Verge (14/1), IDC menganggap pengiriman PC di seluruh dunia tumbuh 2,7 persen, dengan 266,7 juta perangkat secara global. Sementara menurut Gartner, pengiriman PC hanya tumbuh 0,6 persen di seluruh dunia dengan sebanyak 261,2 juta perangkat. 

Meskipun Gartner dan IDC menghasilkan perhitungan yang berbeda. Namun, kedua perusahaan tersebut sama-sama menghitung perangkat mencakup desktop, notebook, dan tablet yang dapat dilepas seperti Surface. Namun Gartner melakukan pengecualian pada Chromebook.

IDC dan Gartner juga mengutip peningkatan Windows 10 menjadi titik balik. Mengingat Microsoft telah mengakhiri dukungan untuk Windows 7, membuat bisnis di seluruh dunia dipaksa untuk memperbarui perangkat mereka menggunakan Windows 10. 

Pada September tahun lalu, diketahui Windows 10 telah diinstal sebanyak 900 juta perangkat. NetMarketShare sebelumnya telah menyebutkan bahwa masih terdapat jutaan PC yang belum melakukan upgrade ke Windows 10, dengan Windows 7 yang masih digunakan pada lebih dari 30 persen desktop.

IDC turut mengungkapkan bahwa manfaat dari kebutuhan untuk meningkatkan ke sistem operasi baru tampaknya tidak akan bertahan lama. Sedangkan teknologi baru seperti 5G, perangkat layar ganda, dan perangkat layar lipat akan membutuhkan waktu untuk tiba. Pada akhirnya Microsoft juga akan harus berhenti mendukung Windows 8, tapi pangsa pasar sistem operasi sangat kecil bila dibandingkan dengan Windows 7 sehingga tidak mungkin mengarah pada jumlah peningkatan yang sama. 

Tak ketinggalan, Gartner juga menyebutkan bahwa kekurangan CPU Intel sebagai "masalah utama" untuk pasar PC tahun 2019. IDC turut melaporkan bahwa situasi ini terbantu dengan penerapan CPU AMD. Tiga produsen PC teratas, yakni Lenovo, HP, dan Dell juga melihat pertumbuhan pengiriman. Namun Apple dan Acer yang berada di urutan keempat serta kelima melihat pengiriman PC yang menurun antara tahun 2018 dan 2019.

Tag
Share
back to top