Pasar monitor gaming kian bergairah

Penjualan monitor dengan refresh rate tinggi saat ini sedang merajai pasar. Selain itu, monitor dengan layar melengkung juga mulai jadi tren.

Pasar monitor gaming kian bergairah Ilustrasi Monitor Gaming

Pertumbuhan industri gaming pun bisa dibilang sangat besar. Mulai dari laptop, PC, peripheral, hingga monitor pun mengalami peningkatan penjualan. Hal yang jadi sorotan adalah perkembangan penjualan monitor. Perkembangannya terbilang cukup menarik. Dalam laporan terbaru dari WitsView (TrendForce), mencatatpenjualan monitor gaming dengan refresh rate di atas 100 Hz cukup menggairahkan.

Anita Wang, manajer riset senior WitsView menyebutkan, meningkatnya penjualan ini karena menjamurnya gim PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Penjualan monitor dengan spesifikasi refresh rate 100 Hz yang paling laku di China, seperti dikutip dari laman WitsView (14/12).


BACA JUGA

Avengers: Endgame bakal hadir di Fortnite

Fortnite blokir 1200 akun peserta yang melakukan pelanggaran

China perketat aturan gim, judul gim harus sesuai budaya


Untuk total penjualan, Asus masih ada di posisi pertama produsen dengan pengapalan terbanyak. Kemudian, di posisi kedua ada Acer, yang memang sama-sama fokus menjual gaming peripheral.

Kemudian ada AOC / Philips di peringkat ketiga. Mereka mulai memperlihatkan kenaikan momentum penjualan monitor gaming. Selain itu, rangkaian produk yang ditujukan bagi perusahaan, serta popularitas monitor lengkung juga mendorong penjualan monitor. Di luar negeri, AOC / Philips juga melakukan terobosan di Eropa dan Asia Pasifik di samping pasar China.

Di posisi keempat terdapat Samsung. Mereka berhasil berada di posisi ini karean model monitor lengkung premium mereka. Lebih dari 95 persen dari produk monitor game yang dikirim Samsung tahun ini adalah model melengkung.

Untuk seluruh pasar game, pangsa pasar model layar lengkung telah melampaui 50 persen pada tahun 2018. Alasannya karena permintaan yang kuat untuk monitor gaming melengkung SDC dari China. 

Selain merk terkemuka, MSI dan HKC juga mendapat manfaat dari tren monitor gaming melengkung tahun ini. Keduanya mencatat jumlah pengiriman yang mengesankan. Pangsa pasar monitor model lengkung di sektor game diharapkan menjadi 54 persen tahun ini. Tahun lalu pangsa pasarnya hanya mencapai 23 persen. Sebagai perbandingan, pangsa pasar monitor model LCD datar diproyeksikan menjadi 46 persen, turun dari tahun lalu yang menggapai 77.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: