Pangsa pasar mirrorless full-frame Sony mulai tergerus

Berdasarkan data dari BCN Retail, angka penjualan mirrorless full-frame pada Oktober 2018 adalah 67 persen untuk Sony, 22,1 persen untuk Canon, dan 10,4 persen untuk Nikon

Pangsa pasar mirrorless full-frame Sony mulai tergerus Source: BCN Retail

Di Jepang, Sony telah menguasai pangsa pasar kamera mirrorless full-frame hampir 100 persen selama beberapa tahun terakhir. Namun kini tampaknya kedigdayaan perusahaan tersebut tampaknya mulai berkurang. Dilansir dari PetaPixel (8/11), angka penjualan terbaru menunjukkan bahwa Canon telah berhasil meraih pangsa pasar sebanyak 22 persen setelah meluncurkan kamera mirrorless EOS R.

Berdasarkan data dari BCN Retail, angka penjualan mirrorless full-frame pada Oktober 2018 adalah 67 persen untuk Sony, 22,1 persen untuk Canon, dan 10,4 persen untuk Nikon. Angka tersebut hadir beberapa bulan setelah Sony berhasil menikmati penjualan sebesar 99,5 persen.

Angka 67 persen untuk penjualan mirrorless full-frame Sony memang terbilang tidak sedikit. Namun perlu diingat bahwa Canon dan Nikon baru saja bermain di kancah tersebut. Dengan demikian angka yang berhasil diraup kedua pabrikan tersebut terbilang naik tajam. Sony telah bermain di kamera mirrorless full-frame sejak a7, a7R, dan a7S pada tahun 2013 dan 2014.

Satu hal lagi yang harus diketahui adalah, Nikon hanya baru menjual setengah dari lini Z Series. Meski Z7 sudah dirilis pada akhir September lalu, Z6 baru akan tersedia pada akhir tahun ini.

Bagaimanapun juga, masih harus dilihat bagaimana perubahan peringkat pangsa pasar dari sekarang. Canon Rumor meramalkan bahwa Canon akan memiliki setidaknya 50 persen pangsa pasar dalam jangka satu tahun setelah ekosistem EOS R tersedia dengan lebih banyak kamera dan lensa.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: