sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
Senin, 11 Jan 2021 15:12 WIB

Panasonic rilis OLED JZ2000, TV pertama dengan Dolby Vision IQ dan HDR 10+ Adaptive

JZ2000 diperkuat dengan prosesor HCX Pro AI terbaru yang diklaim mampu menganalisis konten yang sedang diputar dan menyesuaikan gambar serta suaranya.

Panasonic rilis OLED JZ2000, TV pertama dengan Dolby Vision IQ dan HDR 10+ Adaptive

Panasonic baru saja mengumumkan televisi pintar (Smart TV) flagship terbaru, yakni seri JZ2000. TV ini hadir dengan dua ukuran layar, 55 inci dan 64 inci. Seri TV ini merupakan penerus dari Panasonic HZ2000 yang meluncur tahun 2020 lalu, yang sebelumnya didahului oleh seri GZ2000.

Seperti diketahui, seri 2000 merupakan TV OLED Panasonic yang superior karena menampilkan teknologi panel OLED khusus dan sistem speaker berkemampuan Dolby Atmos dengan speaker khusus yang mengarah ke atas. Meskipun teknologi panel tersebut tampaknya tidak berubah, tahun ini Panasonic meningkatkan performa gambar melalui AI dan performa suara melalui penambahan lebih banyak driver.

Dilansir dari What Hifi (11/1), JZ2000 diperkuat dengan prosesor HCX Pro AI terbaru yang diklaim mampu menganalisis konten yang sedang diputar dan menyesuaikan gambar serta suaranya. Jika pengguna membiarkan TV dalam mode Auto AI, maka akan berfungsi secara otomatis menampilkan warna dan suara optimal dari konten yang ditonton; mulai dari film, olahraga, dan gim.

Berbicara seputar gim, Panasonic menawarkan input lag yang sangat rendah, serta menambahkan spesifikasi HDMI 2.1 seperti HFR (4K pada kecepatan 120 fps) dan Variable Refresh Rate (VRR), selain Auto Low Latency Mode (ALLM) yang sudah dimiliki TV OLED flagship Panasonic sebelumnya.

Seperti TV OLED flagship sebelumnya, Panasonic memberikan dukungan Dolby Vision dan HDR10+ pada JZ2000. Meski demikian, tahun ini Panasonic menambahkan HDR10+ Adaptive pada TV OLED terbarunya. Seperti Dolby Vision IQ, yang telah didukung Panasonic sejak 2020, format HDR terbaru itu menyesuaikan karakteristik gambar HDR10+ sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar. Jika berfungsi seperti yang diharapkan, ini akan menghasilkan detail gelap yang lebih baik saat dilihat di ruang cukup terang. Panasonic JZ2000 adalah TV pertama yang diumumkan lengkap dengan Dolby Vision IQ dan HDR 10+ Adaptive.

TV Panasonic seri 2000 sebelumnya telah menampilkan sistem speaker dengan driver khusus menghadap ke depan dan ke atas, serta subwoofer yang dipasang di belakang. Untuk JZ2000, Panasonic telah menambahkan sepasang speaker menghadap samping dengan tujuan membuat suara menjadi lebih luas dan lebih memenuhi ruangan. Konfigurasi suara yang disebut oleh Panasonic sebagai '360° Soundscape Pro' ini dikembangkan dengan bantuan para insinyur Technics milik perusahaan.

Sebagai Smart TV, JZ2000 juga menghadirkan versi baru dari antarmuka My Home Screen eksklusif dari Panasonic. Selain tata letak yang dibuat ulang dan layanan suara terintegrasi secara penuh, My Home Screen 6.0 memperkenalkan ‘My Scenery’, yang tampak mirip dengan mode Ambient milik Samsung tetapi lebih fokus pada gambar dan video yang tenang.

Belum ada informasi lebih lanjut kapan Panasonic JZ2000 mulai tersedia, begitu pula dengan harganya. Sebagai perbandingan, tahun lalu Panasonic HZ2000 mulai dijual sekitar akhir Mei dengan harga 3.295 GBP (Rp63 juta) untuk ukuran 55 inci.

Share
×
tekid
back to top