Panasonic makin getol produksi baterai di China

Panasonic yang berbasis di Osaka telah mengamankan lahan untuk dua pabrik lagi di Dalian, Provinsi Liaoning.

Panasonic makin getol produksi baterai di China

Salah satu produsen baterai lithium-ion ternama, Panasonic, bakal meningkatkan produksi sel baterai lithium di China hingga mencapai 80 persen. Januari 2019, Pemerintah China berniat untuk melonggarkan aturan mengenai pabrikan asing yang menyiapkan fasilitas kendaraan listrik. Harapan China agar mampu meningkatkan bisnis produsen baterai di negara mereka. Panasonic bertujuan untuk membuat dua jalur produksi baru di pabrik baterainya di China.

Panasonic yang berbasis di Osaka, Jepang, telah mengamankan lahan untuk dua pabrik lagi di Dalian, Provinsi Liaoning. Kapasitas produksi baterai mereka di China saat ini diyakini hampir 5 gigawatt hour. Panasonic mempertimbangkan untuk memperluas produksinya untuk memenuhi permintaan yang semakin banyak.


BACA JUGA

Perusahaan rintisan asal AS berhasil kembangkan baterai untuk pesawat terbang

Baterai ini bisa membuat mobil listrik tempuh jarak 1000 km

Baterai termal bakal jadi solusi energi di masa depan


Perluasan tersebut bisa saja meningkatkan kapasitas baterai berbentuk persegi yang utamanya digunakan di dalam mobil listrik dan mobil hibrida. Panasonic selama ini menjadi pemasok baterai eksklusif untuk Tesla.

Lunaknya peraturan bagi produsen asing ini disinyalir akibat masalah lingkungan di Beijing terus menurun. Selain itu, sistem subsidi yang bertujuan untuk mendukung produsen baterai dalam negeri mereka, tidak berjalan mulus. Ini juga menjadi faktor lainnya. Demikian dilansir Electrive (20/12).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: